Bupati Bandung Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Terbaik di Indonesia oleh Pemerintah Australia

Bupati Bandung Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Terbaik di Indonesia oleh Pemerintah Australia

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, telah menerima penghargaan dari Pemerintah Australia.--Istimewa

RADAR JABAR - Bupati Bandung, Dadang Supriatna, telah menerima penghargaan dari Pemerintah Australia. Sebagai pemimpin Kabupaten Bandung, beliau diakui dan dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah terbaik di Indonesia. 

Hal itu disampaikan Gerard Cheong, Sekretaris Bagian Iklim dan Infrastruktur Australian Goverment Departement of Foreign (AGDF) dalam acara Independent Review Program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK) atau Performance Based Grant di Grand Sunshine Hotel, Kamis (1/8/2024). 

Gerard Cheong menyebut Bupati Dadang Supriatna sebagai seorang kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam berbagai program pembangunan dalam upaya menyejahterakan masyarakat serta membangun daerahnya. 

"Pemerintah Australia senang bekerjasama dengan Kabupaten Bandung karena pemimpinnya luar biasa. Salah satu yang terbaik di Indonesia. Bupati ini pemimpin yang inovatif dan paling serius kerja," ujar Gerard Cheong saat memberikan sambutan.

BACA JUGA:BKAD Kota Bandung, ATR/BPN Sosialisasikan Pengamanan Tanah dan Sertipikat Elektronik  

Dijelaskan Gerard, program HAMBK yang digulirkan Pemerintah Australia ini bertujuan untuk membantu daerah-daerah di Indonesia dalam meningkatkan akses sambungan air minum ke rumah-rumah warga.

Program kolaborasi Pemerintah Australia dan Kabupaten Bandung melalui PDAM Tirta Raharja ini dinilai sukses karena berhasil mengaplikasikan 14 indikator kinerja serta mampu memberikan peningkatan pelayanan air minum kepada masyarakat Kabupaten Bandung. 

"Kami sangat kagum dengan apa yang telah dicapai di Kabupaten Bandung. Banyak sekali yang mengikuti program kerjasama ini, tapi yang saya tahu Kabupaten Bandung adalah yang paling baik," ungkap Gerard

Gerard mencontohkan, dari sekitar 400-an PDAM di seluruh Indonesia, sepertiganya diklasifikasikan pengelolaannya tidak sehat. Sepertiganya lagi kurang sehat. Hanya sepertiganya termasuk PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang berkategori sehat dan baik. 

Gerard menilai Kabupaten Bandung sukses menjalankan program pilot project Pemerintah Australia tersebut. Sehingga pada masa depan, Pemerintah Australia siap meningkatkan kerjasama dengan Kabupaten Bandung. 

BACA JUGA:Reza Indragiri Amriel: Bukti Komunikasi Elektronik Kunci Mengungkap Kebenaran Kasus Vina Cirebon

"Dengan pemimpin yang baik dan egaliter seperti Pak Dadang Supriatna, Kabupaten Bandung akan berkembang di masa depan. Kami Pemerintah Australia siap duduk bersama untuk bicara (kerjasama) masa depan," tegas perwakilan Pemerintah Australia tersebut. 

Sementara itu, Bupati Dadang Supriatna mengaku sangat berterima kasih atas apresiasi dan kesan positif yang dilontarkan Pemerintah Australia. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia karena telah memilih Kabupaten Bandung sebagai mitra proklim.

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin dengan Pemerintah Australia melalui program HAMBK ini. Kami berharap kerjasama dalam bidang infrastruktur dengan pemerintah Australia ini terus berlanjut," ujar Dadang Supriatna. 

Sumber: