9 Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami yang Efektif Menyembuhkan? Cek Disini!

9 Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami yang Efektif Menyembuhkan? Cek Disini!

bat Sariawan Anak dari Bahan Alami yang Efektif Menyembuhkan-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Rekomendasi obat sariawan anak dari bahan alami ini sangat cocok sebagai pengganti obat yang efektif menyembuhkan. 

Anak yang sedang mengalami sariawan biasanya sangat rewel sehingga penting untuk segera memberikan pertolongan. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab sariawan karena banyak faktor yang berperan.

Namun, untungnya ada banyak obat sariawan yang bisa diberikan pada anak, termasuk obat herbal. Berikut adalah beberapa obat sariawan alami dan aman untuk diberikan kepada anak-anak saat sedang sariawan. Yuk, simak!

Rekomendasi Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami

1. Madu

Jika anak sudah berumur lebih dari satu tahun, madu dapat digunakan sebagai obat sariawan. Oleskan ke area keluhan beberapa kali sehari.

Madu memiliki sifat antimikroba yang sangat baik yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Tapi jangan gunakan pada anak di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang cukup umum digunakan untuk mengobati sariawan pada anak-anak. Sifat antiinflamasi, antiseptik, dan antibakterinya dapat menyembuhkan semua jenis luka. Untuk kemudahan penggunaan, campurkan kunyit bubuk dengan madu.

3. Kelapa

Kelapa juga merupakan ramuan sariawan alami yang bisa diberikan kepada anak-anak. Bunda bisa memberikan air kelapa untuk diminum atau berkumur. J

ika tidak ada air kelapa, Bunda bisa mengoleskan minyak kelapa murni pada luka. Namun, jangan gunakan minyak kelapa pada bayi di bawah 1 tahun.

 

BACA JUGA:7 Buah-buahan yang Untuk Menyembuhkan dan Atasi Sariawan

 

4. Dadih (Buttermilk)

Dadih atau buttermilk adalah obat yang baik untuk sariawan pada anak-anak. Bunda bisa meminta anak makan dadih atau buttermilk dan bisa juga mengoleskannya pada area luka. Bakteri baik di dalamnya membantu melawan bakteri jahat yang mencegah infeksi jamur.

5. Kemangi

Mengunyah daun kemangi adalah obat alami yang sangat ampuh untuk mengobati sariawan. Daunnya mengandung khasiat menyembuhkan luka dengan cepat.

Daun kemangi harus dikunyah dengan air hangat dua kali sehari untuk penyembuhan sariawan yang cepat.

6. Krim Susu

Sumber: youtube madu 369