13 Penghargaan Diboyong Pemkab Bandung Sepanjang Peringatan Harganas 2024

 13 Penghargaan Diboyong Pemkab Bandung Sepanjang Peringatan Harganas 2024

13 Penghargaan Diboyong Pemkab Bandung Sepanjang Peringatan Harganas 2024--Istimewa

RADAR JAAR - Pemerintah Kabupaten Bandung meraih 11 penghargaan pada moment Anugerah Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana), di puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang dipusatkan di Kabupaten Cirebon, Jumat(19/7/2024) malam.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Permanawati menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan MKK diserahkan Deputi Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Woro Srihastuti Sulistyaningrum, kepada Emma Dety Dadang Supriatna, pada acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31, yang dipusatkan di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/6/2024).

Selain itu Ketua Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bandung Dini Zakiyah Zaen Nursyifa didapuk menjadi penerima penghargaan Dharma Karya Kencana (DKK), pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang.

Dengan demikian, penghargaan yang diterima Pemkab Bandung dalam rangka memperingati Harganas 2024 totalnya mencapai 13 penghargaan, di mana 11 saat peringatan Harganas Tingkat Jabar di Cirebon dan 2 penghargaan saat peringatan Harganas tingkat nasional.

 

BACA JUGA: Bupati Bandung Dadang Supriatna Siap Sukseskan Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat

 

Sekda Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih dan menyatakan semua penghargaan yang diraih tidak terlepas dari arahan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

“Penghargaan ini kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Bandung dan apresiasi bagi dinas terkait. Semua penghargaan ini juga tidak terlepas dari arahan Bapak Bupati Bandung yang berkomitmen tinggi dalam menjalankan Program Bangga Kencana,” ungkap Sekda Cakra Amiyana.

Lebih dari itu, imbuh sekda, belasan penghargaan yang diraih telah membuktikan bahwa Kabupaten Bandung sudah berhasil dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Sampai saat ini dalam aspek demografi, Kabupaten Bandung bisa menurunkan Angka Kelahiran Total / Total Fertility Rate (TFR) 2,09 berdasar data BPS tahun 2020. Angka TFR Kabupaten Bandung ini di bawah angka TFR rata-rata Provinsi Jabar

“Jadi, sepanjang sejarah Kabupaten Bandung, baru di bawah kepemimpinan Pak Bupati Bandung Dadang Supriatna, TFR kita mencapai angka 2,09. Saya menilai ini capaian sangat  luar biasa, bagaimana fokusnya Pak Bupati Dadang Supriatna  terhadap pengendalian penduduk,” jelas Amiyana.

Pada penganugerahan penghargaan Bangga Kencana ini Sekda Cakra Amiyana bersama istri Ny. Tintin Cakra Amiyana juga didaulat sebagai Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting Kabupaten Bandung oleh Kepala BKKBN. Sekda Kabupaten Bandung dinilai berperan aktif dan berkomitmen tinggi dalam mendukung Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di Jawa Barat. 

Sumber: