Waktu Makan yang Ideal untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Kalian yang Sedang Diet!

Waktu Makan yang Ideal untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Kalian yang Sedang Diet!

Waktu Makan yang Ideal untuk Menurunkan Berat Badan-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay)

RADAR JABAR - Waktu makan ideal untuk menurunkan berat badan ini pasti sangat berguna untuk kalian yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan

Menurut  channel Doctors Diet waktu makan yang ideal untuk membantu kalian dalam proses menurunkan berat badan sangatlah penting.Perlu diperhatikan bahwa waktu makan sebenarnya tidak sepenting keseimbangan kalori dan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

Namun, waktu makan yang teratur dapat membantu mengatur rasa lapar dengan lebih baik, menjaga kesehatan lambung, memaksimalkan proses pencernaan protein, dan penggunaan tenaga untuk berolahraga.

Waktu Makan yang Ideal untuk Menurunkan Berat Badan

Sarapan

Sarapan sebaiknya dilakukan secepatnya setelah bangun tidur. Karena selama semalaman kita tidak mendapatkan asupan protein sama sekali, penting untuk segera mengonsumsi protein di pagi hari.

Sarapan di jam 8-9 pagi sangat dianjurkan, fokus pada makanan yang tinggi protein dengan karbohidrat kompleks dan lemak yang seimbang. Misalnya, oatmeal dengan susu atau telur-teluran.

 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Makanan untuk Diet yang Patut Dicoba!

 

Makan Siang

Makan siang sebaiknya dijadwalkan 3-4 jam setelah sarapan. Jadi, jika kamu sarapan jam 8-9 pagi, waktu yang tepat untuk makan siang adalah sekitar jam 12-1 siang. Jarak waktu 3-4 jam ini berguna untuk memastikan penyerapan protein yang maksimal dan agar kita bisa makan sebelum merasa lapar. Makan sebelum lapar penting untuk menghindari makan berlebihan dan menjaga kesehatan lambung.

Jika jarak antara sarapan dan makan siang cukup jauh, misalnya kamu sarapan jam 6-7 pagi, kamu bisa memasukkan cemilan di antara waktu makan besar. Misalnya, makan cemilan di jam 9-10 pagi dan makan siang di jam 12-1 siang. Cemilan ini membantu menjaga rasa lapar dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

 

BACA JUGA:5 Makanan Penghancur Lemak yang Efektif untuk Diet, Ampuh Dalam Seminggu

 

Makan Malam

Makan malam sebaiknya dijadwalkan maksimal 2-3 jam sebelum tidur. Jadi, jika kamu tidur jam 9 malam, sebaiknya makan malam maksimal di jam 7 malam.

Sumber: youtube doctor diet