Sarapan Sangat Penting, Ini 7 Pilihan Makanan Terbaiknya Supaya Tubuh Berenergi

Sarapan Sangat Penting, Ini 7 Pilihan Makanan Terbaiknya Supaya Tubuh Berenergi

Smoothies bowl ilustrasi menu sarapan terbaik-Pexels-Tangkapan Layar via Pixabay

Radar Jabar Disway - Sarapan adalah aktivitas makan yang sangat penting untuk dilakukan di pagi hari. Berikut pilihan makanan terbaiknya agar tubuh Anda jadi berenergi.

 

Dilakukan di waktu pagi di mana berdekatan dengan dimulainya kegiatan sehari-hari membuat orang terkadang memilih melawatkan sarapan. Padahal menurut ahli gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., M.P,H., RD, penting untuk orang melaksanakan sarapan.

 

Salah satunya karena sarapan adalah sumber energi atau penyedia bahan bakar untuk tubuh sebagai 'modal' menjalankan aktivitas di siang hari.

 

"Kalau habis tidur delapan jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk," kata Dr. Mirza, dikutip dari laman resmi UGM pada Rabu 10 Juli 2024.

 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Ide Sarapan Anti Ribet, Sehat dan Bergizi

 

Terkait waktu sarapan, nutrisionist Susie Burrel seperti disitat dari laman dinkes.jogjaprov.go.id, menyarankan dilakukan sepagi mungkin. Menurutnya, waktu ideal sarapan adalah pukul 7 atau 8 pagi, sedangkan pukul 9 dan 10 sudah terlambat.

 

Dari sedikit awal penjabaran di atas maka diketahui sarapan jangan dilewatkan, dan dilakukan idealnya sebelum pukul 9 pagi. Tapi apa makanan yang sebaik dikonsumsi sebagai menu sarapan? Mari kita masuk ke pembahasan selanjutnya.

 

Sumber: