Dinas PUTR Cianjur Perbaiki Jalan Sepanjang 778 Km Demi Tingkatkan Ekonomi

Dinas PUTR Cianjur Perbaiki Jalan Sepanjang 778 Km Demi Tingkatkan Ekonomi

Ilustrasi perbaikan jalan-aleksandarlittlewolf-Freepik

RADAR JABAR - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah memperbaiki jalan sepanjang 778 km dan terus mempercepat pembangunan infrastruktur melalui program 1.000 km jalan beton, yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian daerah.

Eri Rihandiar, selaku Kepala Dinas PUTR Cianjur telah menjelaskan bahwa program ini adalah unggulan Bupati Cianjur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah berjalan selama dua tahun terakhir, pada Rabu (10/7).

BACA JUGA:Pj Bupati Nyatakan Garut Punya Peluang Besar Dalam Pengembangan Wisata Hutan

"Selama dua tahun terakhir pengerjaan sudah mencapai 778,06 kilometer atau 77,8 persen, dimana pengerjaan-nya dibagi menjadi beberapa bagian yaitu berupa peningkatan jalan, pemeliharaan jalan, jalan lingkungan, dan jalan desa," ujarnya.

Pada tahun pertama, peningkatan jalan telah menyelesaikan 27,33 km dari target 27 km, sedangkan pemeliharaan telah mencapai target 435 km.

Jalan lingkungan dari target 14 km terealisasi sepanjang 46,55 km, sementara jalan desa dari target 72 km terealisasi sepanjang 61,69 km.

BACA JUGA:Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Bandung, Target Nol Persen Terus Diupayakan

"Untuk peningkatan jalan dari target 27 kilometer terealisasi sepanjang 81 kilometer, sedangkan pemeliharaan dari target 462 kilometer yang terealisasi sepanjang 462,38 kilometer," ujarnya.

Sehingga, pada tahun 2023, kondisi jalan mantap mencapai 73 persen dari panjang jalan kabupaten sekitar 1.335 km, yang mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Cianjur.

"Kami berharap percepatan pembangunan infrastruktur dapat memberikan dampak berbagai pertumbuhan mulai dari ekonomi sekitar sehingga dapat mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.*

Sumber: antara