Pemkot Bogor Memastikan PPDB Zonasi SMP Berlangsung Lancar

Pemkot Bogor Memastikan PPDB Zonasi SMP Berlangsung Lancar

Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari memeriksa proses pendaftaran PPDB zonasi di SMP Negeri 1 Bogor, Senin (1/7)--ANTARA/Shabrina Zakaria

RADAR JABAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, memastikan bahwa proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi untuk tingkat SMP di wilayahnya berjalan lancar.

Pada hari Senin di Kota Bogor, Hery meninjau hari pertama pelaksanaan PPDB zonasi di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 1. Ia memastikan bahwa baik integritas maupun server tidak mengalami masalah.

Sebelumnya, pada 30 Mei 2024, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor bersama perwakilan sekolah menandatangani pakta integritas untuk menjamin PPDB yang transparan dan akuntabel.

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Legok Nangka Dimulai

“Integritas sudah baik, mudah-mudahan baik terus, kalau server tidak ada masalah. Kesimpulannya so far so good (sejauh ini baik), lancar, Alhamdulillah hari pertama untuk tahap kedua (zonasi),” ujar Hery.

Ia berharap pendaftaran PPDB zonasi tetap lancar hingga hari kelima pada 5 Juli 2024, dan tidak muncul masalah yang signifikan.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN AHY Jadikan Jawa Barat Target Percepatan Kota Lengkap

Hery menegaskan bahwa dalam PPDB, sekolah tidak melakukan verifikasi atau pengambilan keputusan, karena semua dijalankan oleh tim PPDB yang berkoordinasi dengan kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

“Sekolah hanya betul betul menerima jadi, dokumen-dokumen awal dari verifikasi. Bahkan ada help desk yang bisa membantu,” ujarnya.

BACA JUGA:Komnas KIPI Rekomendasikan Autopsi untuk Jasad Bayi yang Meninggal di Sukabumi

Hery berharap semua potensi masalah dalam PPDB dapat diselesaikan dengan baik, sehingga proses PPDB berjalan aman, tertib, dan lancar. Hal ini didukung oleh Peraturan Wali Kota (Perwali) Bogor Nomor 13 Tahun 2024 tentang Pedoman PPDB dan Keputusan Wali Kota Nomor 400.3/Kep.169-Disdik/2024 tentang Panitia PPDB 2024/2025.

“Insya Allah, jauh lebih tenang, perwalinya sudah luar biasa baik, kita tinggal melaksanakan. Konsisten saya juga cerewet, saya kontrol terus dan lain sebagainya. Mudah-mudahan itu semua saling mengawasi saling kontrol ya,” ujarnya.*

Sumber: antara