Presiden Jokowi bahas Rangkaian HUT Ke-79 RI Bersama Pimpinan MPR

Presiden Jokowi bahas Rangkaian HUT Ke-79 RI Bersama Pimpinan MPR

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah didampingi perangkat pimpinan MPR RI menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri agenda pertemuan pembahasan rangkaian agenda HUT Ke-79 RI di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024). --ANTARA/Andi Firdaus

RADAR JABAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan para pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Jumat (28/6) untuk membahas agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun 2024.

"Pertemuan ini adalah rapat konsultasi antara pimpinan lembaga negara, dalam hal ini Pimpinan MPR RI dengan Presiden Republik Indonesia," ujar Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah di Istana Kepresidenan Jakarta setelah menghadiri pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, serta delapan wakil ketua lainnya: Amir Uskara, Ahmad Muzani, Yandri Susanto, Fadel Muhammad, Sjarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Lestari Moerdijat, dan Jazilul Fawaid. Ahmad Basarah menyebutkan bahwa hanya Lestari Moerdijat yang absen karena sedang bertugas di luar negeri.

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Berkomitmen Memberantas Perjudian Daring

"Kami bersembilan bertemu dengan Presiden, seluruh pimpinan MPR, kecuali Ibu Lestari Moerdijat, sedang ada tugas di luar negeri," ujarnya.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan beberapa menteri kabinet lainnya dalam pertemuan tertutup di Istana Negara.

Ahmad Basarah menjelaskan bahwa ada tiga topik utama yang dibahas bersama Presiden, yaitu agenda pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI, peringatan HUT Ke-79 RI, dan rencana peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2024.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya komunikasi antarlembaga untuk membangun sinergi nasional.

BACA JUGA:Anggaran untuk Kominfo Mencapai Rp 4,9 T, Keamanan Data Masih Bisa Diretas

“Bapak Presiden menegaskan pentingnya komunikasi antarlembaga negara untuk membangun sinergi nasional. Untuk menjaga agar Indonesia selalu kokoh dalam menghadapi situasi global yang tidak menentu,” kata Pratikno.

Presiden juga menyatakan bahwa sidang-sidang terkait peringatan tersebut akan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025.

BACA JUGA:Fraksi PAN DPR RI Siap Ambil Langkah Bila Anggota Terlibat Judi Daring

“Bapak Presiden menegaskan bahwa sidang-sidang dalam Peringatan Kemerdekaan HUT RI agar tetap seperti tahun-tahun yang lalu. Yaitu Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025,” ujarnya.

Sumber: antara