Surya Paloh Nilai Ridwan Kamil Bagus di Pilkada Jakarta 2024 untuk Menyeimbangkan Dominasi Anies Baswedan

Surya Paloh Nilai Ridwan Kamil Bagus di Pilkada Jakarta 2024 untuk Menyeimbangkan Dominasi Anies Baswedan

Surya Paloh Nilai Ridwan Kamil Bagus untuk Pilkada Jakarta 2024 --(Sumber Gambar: Antara)

Radar Jabar – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menyampaikan pandangannya bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi calon yang bagus jika maju sebagai gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Pernyataan ini dikemukakan untuk menyeimbangkan dominasi Anies Baswedan dalam berbagai survei elektabilitas calon Gubernur Jakarta.

Menurut Surya Paloh, Anies Baswedan saat ini masih mendominasi survei elektabilitas calon Gubernur Jakarta. Sementara itu, beberapa partai politik sedang mendorong Ridwan Kamil untuk maju dalam kontestasi tersebut.

"Boleh-boleh saja, nggak apa-apa, bagusnya kalau Bung Ridwan mau kan, supaya ada keseimbangan dikit," kata Surya usai menghadiri peluncuran buku Pancasila Di Rumahku di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6/2024).

 

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Kunjungi DPD Demokrat Jawa Barat untuk Diskusikan Pilkada 2024

 

Terkait dengan Anies Baswedan, Surya Paloh menyatakan bahwa Partai NasDem masih menunggu beberapa waktu ke depan untuk mendeklarasikan dukungan. Ia menegaskan bahwa kekalahan Anies dalam Pilpres 2024 bukanlah suatu kesalahan.

"Apakah kekalahan dalam Pilpres itu sebuah kesalahan? kan tidak," ujarnya.

Surya Paloh juga menyatakan bahwa Partai NasDem akan menjadi partai yang paling terakhir dalam menentukan sikap terkait pencalonan bakal calon kepala daerah. Selain itu, ia memastikan bahwa dukungan yang akan diberikan NasDem tidak akan disertai dengan syarat apapun.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa partainya menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini terjadi setelah kader yang sebelumnya disiapkan, Budisatrio Djiwandono, memutuskan untuk tidak maju. Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta, dan Dasco Ahmad menilai partai-partai lain pun akan senada dalam mendukung Ridwan Kamil.

 

BACA JUGA:Pilkada Kabupaten Bandung 2024, Demokrat Usulkan 3 Nama Cawabup di Koalisi Bedas, Siapa Saja?

 

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan bahwa partainya lebih cenderung mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024. Berdasarkan hasil survei, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar jika berkontestasi di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Namun, Doli Kurnia memastikan bahwa hingga saat ini partainya belum memutuskan karir politik Ridwan Kamil secara definitif.

Sumber: branda antara