Disdik Jabar Siapkan Langkah Antisipasi untuk PPDB 2024 Tahap 2, Siapkan Tim IT Selama 24 Jam

Disdik Jabar Siapkan Langkah Antisipasi untuk PPDB 2024 Tahap 2, Siapkan Tim IT Selama 24 Jam

Disdik Jabar Siapkan Langkah Antisipasi untuk PPDB 2024 Tahap 2, Siapkan Tim IT Selama 24 Jam-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) tengah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, khususnya pada tahap 2. Langkah ini diambil setelah pengalaman gangguan server yang terjadi pada hari pertama pendaftaran tahap 1.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan, Ade Afriandi, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim IT yang akan bekerja selama 24 jam untuk mengantisipasi masalah server. “Kita sudah diuji sejak hari Senin, makanya sekarang kami siapkan tim mitigasi atau tim IT selama 24 jam untuk terus memantau sistem PPDB 2024,” ujar Ade saat dikonfirmasi pada Sabtu (8/6).

Menurut Ade, sistem pendaftaran PPDB 2024 saat ini sudah kembali lancar dan normal setelah mengalami kendala yang cukup lama pada tahap 1.

“Alhamdulillah, hingga hari ini sistem masih tetap lancar. Saya juga ada grup komunikasi dengan para kepala sekolah dan tidak ada kendala,” tambahnya.

 

BACA JUGA:Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi di Kota Bandung Segera Dibuka, Persiapan Dilakukan dengan Ketat

 

Untuk tahap 2, Disdik Jabar akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi agar masalah serupa tidak terulang. “Kami akan menjaga sistem dari apa yang sekarang kita jalankan. Kemarin kami diuji sangat berat, bukan hanya 1-2 jam gangguan, tapi kami terpaksa menutup layanan untuk evaluasi sistem,” pungkas Ade.

Sebelumnya, sejumlah masyarakat ramai mengomentari akun media sosial Instagram milik Disdik Jabar. Mereka mengeluhkan server pendaftaran tahap 1 PPDB 2024 untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB yang mengalami gangguan.

 

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Jabar Gerak Cepat Perbaiki Sistem PPDB

 

Seorang pengguna Instagram dengan nama akun @garamalia, misalnya, mengomentari bahwa server pendaftaran tahap 1 PPDB 2024 hingga pukul 10.20 WIB masih mengalami gangguan dan tidak bisa diakses. “Jam 10.20 ini masih error aja loh. Ada yg sama?” tulis @garamalia pada salah satu postingan Instagram Disdik Jabar.

Pengguna lain, @nisariz_, juga mengeluhkan hal serupa dan menyayangkan tidak adanya perubahan dari proses pendaftaran PPDB tahun sebelumnya. “Kirain bakal belajar dari tahun-tahun sebelumnya min, tapi tetep aja down ya servernya,” tulisnya.

Sumber: Jabar Ekspres