Jelang Pilkada 2024, PWI Kunjungi Bawaslu Kabupaten Bandung, Ini yang Dibahas?

Jelang Pilkada 2024, PWI Kunjungi Bawaslu Kabupaten Bandung, Ini yang Dibahas?

Jelang Pilkada 2024, PWI Kunjungi Bawaslu Kabupaten Bandung, Ini yang Dibahas--Istimewa

RADAR JABAR - Jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung mengunjungi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung pada Jumat, 31 Mei 2024.

Bertempat di Sentra Penegakan Hukum Terpadu Kantor Bawaslu Kabupaten Bandung, pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi.

PWI dan Bawaslu bertujuan menjalin kemitraan dalam upaya pencegahan dan pengawasan jelang pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional pada 27 November 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana berharap PWI bisa mengawal pelaksanaan tahapan proses demokrasi Pilkada Serentak Nasional di Kabupaten Bandung, terutama mengenai penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Terima kasih atas kunjungannya," kata  Kahpiana dalam keterangannya, Jumat siang.

Ia pun menyatakan bahwa Bawaslu ingin memperbanyak MoU (Memorandum of Understanding) atau kerjasama dengan banyak lembaga terkait pencegahan dan pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung 2024.

 

BACA JUGA: Pilkada Kabupaten Bandung 2024, KPU Pastikan Tidak Ada Calon Independen yang Mendaftar

 

"Yang jelas, kami ingin MoU atau  kerjasama dengan banyak lembaga," ungkapnya.

"Kita punya pengalaman pada tahun 2020 berkaitan dengan Pilkada Bandung, berkaitan dengan pemberitaan Pilkada, pemberitaan berimbang inginnya. Apalagi sebelumnya, kami  mendapatkan pertanyaan di lapangan terkait dengan pelaksanaan Pilkada," sambung Kahpiana.

Ia menambahkan, jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, Bawaslu melaksanakan sosialisasi mengenai pengawasan partisipasi dengan melibatkan ormas keagamaan, ormas/OKP, dan kelompok masyarakat lainnya. 

"Bawaslu dituntut untuk bekerjasama dengan semua, seluruh stakeholder,  MoU sebanyak mungkin kesadaran untuk melakukan pengawasan," ucapnya.

Kahpiana menekankan, insan pers memiliki peran pengawasan dalam menghadapi tahapan Pilkada Bandung 2024.

Sumber: