18 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak!

18 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak!

Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak--(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak ini bisa banget kamu coba untuk sehari-hari. Pasalnya, Makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan kecerdasan.

Beberapa jenis makanan diketahui memiliki manfaat khusus untuk meningkatkan fungsi otak, melindungi dari kerusakan, dan meningkatkan kemampuan belajar serta ingatan. Berikut adalah beberapa makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. 

Rekomendasi Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

1. Cokelat

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung polifenol flavonoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak. Flavonoid dalam cokelat membantu melindungi otak dari kerusakan, menekan peradangan, dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Hal ini dapat membantu meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein dan teobromin, yang dapat meningkatkan kewaspadaan mental dalam jangka pendek.

2. Telur

Telur adalah sumber yang kaya akan protein dan kolin, dua nutrisi penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak.

Kolin adalah prekursor asetilkolin, neurotransmitter yang terlibat dalam regulasi suasana hati dan memori. Telur juga mengandung vitamin B12 dan selenium, yang mendukung fungsi neurologis.

 

BACA JUGA:10 Makanan untuk Menaikan Mood Agar Lebih Baik, Kamu Sudah Tau?

 

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden adalah sumber utama asam lemak omega-3, khususnya DHA (asam dokosaheksaenoat), yang sangat penting untuk kesehatan otak. Omega-3 membantu membangun membran sel otak, meningkatkan komunikasi antar sel otak, dan mengurangi peradangan.

Asupan omega-3 yang cukup telah terbukti meningkatkan kognisi dan melindungi otak dari penurunan fungsi yang berkaitan dengan usia.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan vitamin K, antioksidan, dan komponen antiinflamasi. Vitamin K berperan dalam pembentukan sphingolipid, sejenis lemak yang terdapat dalam jumlah banyak di sel-sel otak. Antioksidan dalam brokoli juga membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan stres.

5. Kacang-Kacangan

Kacang polong, kacang hijau, dan kacang tanah memiliki kandungan asam folat yang penting untuk perkembangan otak.

Asam folat (vitamin B9) diperlukan untuk sintesis DNA dan RNA dan berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan sel-sel otak. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan kognitif dan penurunan fungsi otak.

6. Gandum Murni

Sumber: berbagai sumber