Gunung Ile Lewotok Kembali Erupsi Lontarkan Abu Setinggi 800 Meter

Gunung Ile Lewotok Kembali Erupsi Lontarkan Abu Setinggi 800 Meter

Gunung Ile Lewotok Kembali Erupsi Lontarkan Abu Setinggi 800 Meter--Istimewa

RADAR JABAR – Gunung Ile Lewotok di kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembaga Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengalami erupsi pukul 09.12 WITA dengan lontaran abu setinggi 800 meter di atas puncak.

 

"Telah terjadi erupsi Gunung Ile Lewotolok pukul 09.12 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak atau 2.223 meter di atas permukaan laut," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok Jeffry Pugel, Kupang, Selasa, 14 Mei 2024.

Ia mengatakan bahwa letusan tersebut mengeluarkan asap putih, kelabu dan hitam dengan intensitas teblak condong kea rah barat daya.

Ia juga menjelaskan bahwa dari 11 kali letusan itu menimbulkan amplitudo pada kisaran 20.8 hingga 34.5 milimeter , dengan durasi berkisar dari 58 hingga 137 detik.

BACA JUGA:Kemendagri Optimalkan Kualitas Program Kerja TA 2024

Selain itu, letusan gunung tersebut juga menimbulkan hembusan dnegan jumlah hembusan mencapai 76 kali.

Badan geologi memberi imbauan agar Masyarakat yang berada di sekitar gunung menggunakan masker agr terhindar dari gangguan pernapasan karena terpapar abu vulkanik.

Lebih lanjutnya, Badan Geologi memberikan rekomendasi agar masyarakat dan wisatawan tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas gunung.

BACA JUGA:KPK Menyita Mercedes Benz Sprinter Milik SYL

Sementara itu, untuk Desa Jontona dan Todanara direkomendasikan agar tidak memasuki wilayah sektoral selatan dan tenggara sejauh tiga kilometer dari pusat aktivitas gunung.

 

 

Sumber: