7 Jus untuk Menurunkan Gula Darah untuk Kesehatan yang Lebih Optimal, Ada Jus Tomat yang Gampang Dibuat!

7 Jus untuk Menurunkan Gula Darah untuk Kesehatan yang Lebih Optimal, Ada Jus Tomat yang Gampang Dibuat!

Jus untuk Menurunkan Gula Darah--(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Rekomendasi jus untuk menurunkan gula darah ini sangat baik untuk kalian penderita diabetes tapi ingat konsumsi lah secara pas dan jangan berlebihan.

Gula darah yang tinggi merupakan perhatian serius bagi individu yang menderita diabetes atau memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini. Selain mengubah gaya hidup dan memperhatikan pola makan yang seimbang, konsumsi jus yang terbukti efektif dalam menurunkan gula darah dapat menjadi alternatif sehat yang patut dipertimbangkan.

Berikut adalah Beberapa Jenis Jus yang Membantu Menurunkan Gula Darah:

1. Jus Tomat

Jus tomat telah terbukti melalui sejumlah penelitian sebagai cara yang efektif untuk menurunkan gula darah.

Kandungan serat yang tinggi dalam tomat membantu melambatkan pencernaan karbohidrat, sehingga mencegah lonjakan gula darah.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2020 menunjukkan bahwa minum 7 ons jus tomat sebelum makan dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan dibandingkan dengan minum air biasa.

2. Jus Lemon

Jus lemon juga telah terbukti memiliki efek menurunkan gula darah. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus lemon dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Jus Buah Bit

Jus buah bit mengandung antioksidan, folat, dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan. Nitrat yang terdapat dalam buah bit juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membantu menurunkan gula darah.

4. Jus Wortel

Wortel memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat dalam wortel juga membantu menurunkan kadar glukosa darah jangka panjang dan glukosa darah puasa, mencegah lonjakan besar gula darah.

 

BACA JUGA:5 Cara Menjaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Saat Puasa

 

5. Jus Apel

Jus apel memiliki indeks glikemik rendah, membantu mengontrol kadar gula darah. Serat yang tinggi dalam apel memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, mencegah lonjakan gula darah pada penderita diabetes.

6. Jus Delima

Jus delima telah terbukti mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi jus delima pekat setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan penyerapan kolesterol jahat (LDL).

Sumber: berbagai sumber