5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Dibanding Motor Bensin

5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Dibanding Motor Bensin

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik-Kemenkeu.go.id-

RADAR JABAR - Kehadiran sepeda motor listrik dianggap sebagai kendaraan masa depan yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan sepeda motor bensin konvensional. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari motor listrik?

Beberapa waktu belakangan ini, banyak pabrikan otomotif yang mulai memasuki pasar kendaraan listrik. Di sisi lain, minat konsumen terhadap motor listrik juga cukup tinggi, terutama di Indonesia.

Setidaknya, pada pertengahan 2023, sudah ada 52 merek motor listrik yang tersedia. Para agen pemegang merek memiliki wadah tersendiri yang dikenal sebagai Asosiasi Industri

Sepeda Motor Listrik Indonesia atau biasa disingkat AIS MOLI. AIS MOLI didirikan sejak Januari 2022 dan mewadahi berbagai APM motor listrik di luar organisasi tersebut.

Kelebihan Motor Listrik

Sepeda motor listrik dan bensin memiliki banyak perbedaan terkait cara kerjanya. Hal ini juga yang membuat kehadiran motor listrik memiliki kelebihn dan kekurangan tersendiri karena tidak dapat disamakan dengan motor bensin konvensional. Berikut adalah kelebihan motor listrik:

1. Ramah Lingkungan

Penggunaan sepeda motor listrik lebih ramah lingkungan karena mengurangi jejak karbon pada operasionalnya. Hal ini disebabkan oleh sumber energi motor listrik yang berasal dari baterai yang dapat diisi ulang saat energinya habis.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Motor Listrik Subsidi Pemerintah Terbaik 2024

Penggunaan motor listrik ini dianggap sebagai bentuk nyata pengurangan emisi karbon yang sedang gencar dikampanyekan di seluruh dunia. Beberapa model terbaru juga diyakini akan memiliki baterai dengan sistem daur ulang serta opsi pengisian daya dari sumber listrik terbarukan seperti tenaga surya.

2. Lebih Hemat

Biaya untuk mengisi daya baterai motor listrik jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli bensin untuk motor konvensional.

Selain itu, motor listrik juga memiliki pajak kendaraan tahunan dan 5 tahunan yang lebih terjangkau, sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2023 tentang dasar pengenaan pajak pendaraan bermotor, bea balik nama, dan pajak alat berat tahun 2023.

Menurut pasal 10 peraturan tersebut, pengenaan pajak kendaraan bermotor berbasis baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0% dari dasar pengenaan PKB.

3. Perawatan lebih sederhana

Keunggulan motor listrik berikutnya terletak pada perawatannya yang lebih sederhana. Perawatan motor listrik tidak sekompleks motor bensin konvensional. Setidaknya ada beberapa komponen yang tidak perlu diganti secara berkala seperti filter udara, busi, oli, kampas kopling, dan suku cadang lainnya pada motor listrik yang jauh lebih sedikit.

Hal ini memudahkan dalam perawatan serta mengurangi biaya servis. Pada motor listrik, kampas rem cenderung lebih awet karena pengereman lebih banyak dilakukan oleh motor penggerak yang ikut melambat ketika handle pengatur kecepatan diturunkan, sehingga motor listrik mendapatkan pengereman secara ganda.

4. Torsi Instan

Pada motor bensin konvensional, seringkali memerlukan waktu beberapa detik untuk dapat bergerak dari posisi diam mengikuti putaran mesin lainnya.

Sumber: