8 Alasan Mengapa Suami Harus Menceraikan Istri Menurut Ajaran Islam

8 Alasan Mengapa Suami Harus Menceraikan Istri Menurut Ajaran Islam

Alasan Mengapa Suami Harus Menceraikan Istrinya-Image/Pexels-

RADAR JABAR – Terdapat beberapa alasan mengapa seorang suami harus menceraikan istri karena satu atau beberapa hal. Sebuah pernikahan adalah ikatan suci yang menghubungkan dua insan. Tentu saja, kabar pernikahan dari keluarga, kerabat, atau teman merupakan hal yang ditunggu-tunggu.

Kabar pernikahan membawa kebahagiaan. Tentu tidak ada yang menginginkan ikatan suci tersebut berakhir di tengah jalan atau karena suatu hal. Oleh karena itu, keduanya harus menjaga keutuhan rumah tangga.

Namun, perlu diketahui bahwa ada sifat-sifat yang harus dihindari oleh seorang perempuan jika ingin tetap menyandang predikat sebagai seorang istri sekaligus mendapatkan surga yang telah dijanjikan oleh Allah karena berbakti kepada suami.

Untuk itu, perlu memperhatikan beberapa ciri atau sifat istri yang bisa membawa suami untuk menceraikannya.

8 Alasan Suami Harus Menceraikan Istri

Berikut adalah 8 ciri sifat yang bisa membuat seorang istri diceraikan oleh suaminya menurut ajaran Islam.

1. Tidak Taat Kepada Suami

Seorang perempuan jika sudah menikah, menjadi tanggung jawab suami. Oleh karena itu, seorang istri hendaknya taat kepada perintah suami. Jika seorang istri tidak taat kepada perintah suami, ia termasuk istri yang durhaka.

BACA JUGA:7 Cara Menjaga Keharmonisan Suami Istri di Bulan Ramadhan

Jika seorang istri tidak taat kepada suaminya, ia disebut nasyus atau membangkang. Istri yang nasyus adalah istri yang mengabaikan perintah suaminya. Nasyuz kepada suami adalah haram, dan ancamannya akan didapatkan oleh istri yang seperti itu telah disebutkan di dalam ayat suci Alquran.

Allah SWT berfirman, “Para istri yang kalian khawatirkan akan mendurhakai (kalian), maka berikanlah nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (yang berbeda), dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaati kalian, maka janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,” (QS an-Nisa ayat 34). Jika seorang istri taat kepada suaminya, maka surgalah tempatnya kelak.

2. Tidak Mau Menemani Suaminya Tidur

Sebagai seorang istri, salah satu hal yang dilakukan untuk suami adalah menemaninya tidur. Apabila seorang istri tidak ingin menemani suaminya tidur, malaikat pun melaknatnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang istri menghindari tempat tidur suaminya pada malam hari, maka para malaikat melaknatnya hingga pagi hari.”

3. Istri Yang Selingkuh

Perbuatan selingkuh tentu saja bagi sebagian orang adalah perbuatan yang tidak termaafkan. Jika hal itu terjadi dalam rumah tangga, tentu perceraian menjadi pilihannya. Namun, ada suami yang jika istrinya berselingkuh, ia tak kuasa menceraikan istrinya tetapi berbuat zalim kepada istrinya tersebut.

Mengenai perselingkuhan, ada ulama yang berpendapat untuk mempertahankan dan ada juga yang berpendapat untuk menceraikan.

Pendapat yang mengatakan untuk menceraikan istri jika berselingkuh ini karena ketika suami mempertahankan istrinya, Dia dianggap tidak memiliki rasa cemburu dan tergolong suami yang dayus. Sikap dayus ini termasuk dosa yang besar.

Sumber: