20 Rumah di Pesanggrahan Purwakarta Rusak Imbas Bencana Tanah Bergerak

20 Rumah di Pesanggrahan Purwakarta Rusak Imbas Bencana Tanah Bergerak

Sekda Purwakarta Norman Nugraha (tengah) sedang meninjau jalan terputus imbas tanah bergerak. -HO-Pemkab Purwakarta-ANTARA

Radar Jabar – Bencana tanah bergerak yang melanda Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebabkan 20 rumah rusak.

 

Keterangan bahwa 20 rumah rusak di daerah tersebut akibat tanah bergerak sebagaimana data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, dikutip dari Antara Jabar.

 

Menurut keterangan Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha, di Purwakarta pada Jumat 3 Mei 2024, pihaknya sudah meninjau lokasi tanah bergerak itu.

 

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Upayakan Bantu Pekerja Dengan Buka Posko Pengaduan THR

 

Tanah bergerak di Desa Pesanggrahan terjadi merupakan salah satu efek kondisi alam yang ekstrem, semisal curah hujan tinggi.

 

Sebanyak 56 jiwa atau 14 keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan pun jadi mengungsi. Sementara delapan keluarga lainnya masih bertahan di rumah masing-masing sebab dirasa masih aman.

 

Peristiwa tanah bergerak di Desa Pesanggrahan terjadi hari Kamis (3/5) usai daerah tersebut dilanda hujan deras.

 

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Pastikan Ketersediaan Daging Sehat Selama Periode Ramadhan hingga Lebaran

 

Selain itu masih di hari serupa, tanah bergerak terjadi di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, mengakibatkan kerusakan Jalan Ciputat Desa Kutamanah. Hal ini sesuai dengan data BPBD Purwakarta.

 

Dikarenakan hal itu, warga terdampak bencana tanah bergerak pun memutuskan mengungsi.

Sumber: