7 Sambal Unik dari Berbagai Dunia, Pakai Bahan yang Tidak Biasa

7 Sambal Unik dari Berbagai Dunia, Pakai Bahan yang Tidak Biasa

Ilustrasi sambal unik--Freepik

RADAR JABAR - Sambal, saus pedas yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidangan di banyak negara, ternyata memiliki banyak variasi yang menarik. Berbagai Sambal unik ini memiliki cita rasa yang berbeda, terkadang dengan bahan yang tidak biasa.

Dari Thailand hingga Peru, setiap negara memiliki jenis sambal unik dengan bahan-bahan tidak biasa. Hal ini tentu menjadikan beberapa sambal ini punya daya tarik tersendiri.

Bagi yang penasar mari kita simak beberapa jenis sambal unik dari berbagai negara yang memiliki cita rasa yang cukup berbeda.

1. Sambal Sriracha

Sriracha adalah saus pedas dari Thailand yang terkenal dengan kepedasannya yang intens dan aroma bawang putih yang kuat. Terbuat dari cabai merah segar yang disimpan hingga matang, memberikan profil rasa yang khas.

Untuk bahan dari saus Sriracha biasanya terdiri dari cabai, cuka, bawang putih, gula, dan garam, memberikan perpaduan rasa yang unik. Difermentasi untuk meningkatkan rasa, membedakannya dari sambal tradisional Indonesia.

Sriracha berbeda dari sambal Indonesia dalam hal bahan dan rasa. Sambal Indonesia lebih aromatik dan kaya rasa karena rempah dan herba yang digunakan, sementara Sriracha memiliki rasa lebih manis karena kandungan gula yang lebih tinggi, dan memiliki aroma bawang putih yang kuat dan tekstur yang lebih halus.

BACA JUGA:8 Manfaat Melon Jingga untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

2. Sambal Habanero

Sambal Habanero adalah jenis sambal yang menggunakan kepedasan intens dan rasa buah dari cabai Habanero. Terkenal di Belize dengan tingkat kepedasan yang kuat dan aroma buah. 

Cabai habanero adalah bahan utama dalam Sambal Habanero, memberikan kepedasan intens dan rasa buah yang khas. Bahan lainnya termasuk cabai, cuka, bawang putih, gula, dan garam.

Untuk membeli sambal Habanero tersedia secara daring melalui berbagai platform e-commerce, serta bisa ditemukan di pasar lokal atau toko spesialis yang menjual produk internasional atau Amerika Latin.

3. Sambal Gochujang

Sambal Gochujang berasal dari Korea yang mengombinasikan pasta kedelai yang difermentasi, dengan cabai dan bahan lainnya untuk menciptakan profil yang unik.

Gochujang merupakan pasta kedelai yang difermentasi dengan memberikan rasa dan tekstur yang khas. Bahan lainnya meliputi cabai, bawang putih, gula, dan garam.

Sambal ini dapat dibeli secara daring melalui berbagai platform e-commerce serta tersedia di supermarket yang menjual produk Korea atau internasional.

BACA JUGA:7 Alasan Kenapa Makanan Tinggi Protein Bisa Bikin Cepat Kenyang

4. Sambal Aji Amarillo

Sumber: