BPBD Garut: Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa M6,5 Sabtu Malam

BPBD Garut: Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa M6,5 Sabtu Malam

Petugas cek rumah warga terdampak kerusakan imbas gempa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Minggu (28/4/) dini hari. -HO-Polres Garut-ANTARA

Radar Jabar - Puluhan rumah warga serta fasilitas umum yang rusak akibat terdampak guncangan gempa bumi magnitudo 6,5 di barat daya Garut, Jawa Barat, Sabtu 27 April 2024 malam. Ini berdasarkan hasil pemantauan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Garut.

 

Kepala Pelaksana BPDB Kabupaten Garut, Aah Anwar Saefuloh, menyebut gempa bumi yang terjadi di laut Garut tengah malam itu cukup kuat. Dirasakan di wilayah tersebut dan menyebabkan kerusakan rumah warga pada beberapa kecamatan.

 

"Total rumah rusak 41 unit, total fasilitas kesehatan satu unit," ucap dia, di Garut, hari Minggu (28/4), dikutip dari Antara Jabar.

 

Anwar menjelaskan laporan kerusakan itu baru sementara sebab petugas BPBD dan aparatur di wilayah kecamatan masih melakukan pemantauan. Selain itu juga mendata dampak bencana gempa tersebut, termasuk jumlah korban luka-luka.

 

BACA JUGA:Jalan Banjarwangi Kabupaten Garut Rusak, Sebabkan Kecelakaan

 

"Masih lanjut (pemantauan dan pendataan)," terangnya.

 

Ia pun memaparkan daerah yang dilaporkan mengalami kerusakan. Kecamatan Pameungpeuk ada bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk, satu rumah di Desa Pameungpeuk, dan satu rumah di Desa Paas, serta dua orang luka-luka.

 

Sumber: