Tanggapi Kekalahan Korsel, Shin Tae Yong Tegaskan Ini Pada Timnas Indonesia

Tanggapi Kekalahan Korsel, Shin Tae Yong Tegaskan Ini Pada Timnas Indonesia

Shin Tae Yong Tegaskan Akan Terus Latih Timnas Indonesia-ANTARA/AFP/KARIM JAAFAR-

RADAR JABAR - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (STY), merasa campur aduk setelah berhasil membawa Garuda Muda melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Prestasi ini mengukuhkan pencapaian Indonesia setelah sukses melangkah ke babak perempat final untuk pertama kalinya sebelumnya.

Kemenangan ini semakin mempertegas prestasi mereka setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan (Korsel) dengan skor 11-10 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 2-2 selama 120 menit di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada hari Jumat 26 April 2024.

Sebagai seorang pelatih, STY merasa gembira karena mampu mengangkat citra sepak bola Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Berhasil Kalahkan Tim Korea Selatan, Ini Reaki Netizen Korea Selatan

Namun, di sisi lain, ia merasa sulit untuk menemukan kata-kata melihat Korea Selatan, negara asalnya, tersingkir dan gagal tampil di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis, untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut.

"Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat terserap dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan," kata STY pada jumpa pers seusai laga, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (26/4).

Ia menegaskan akan terus bertanggungjawab melatih Timnas Indonesia sampai tugasnya selesai.

"Sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," tambahnya.

BACA JUGA:‘Kemenangan Kontra Yordania Bukti Mentalitas Pemenang Timnas Indonesia U-23’

Pada Piala Asia U-23 tahun ini, performa Indonesia semakin membaik dari pertandingan ke pertandingan setelah mengalami kekalahan yang menyakitkan dari tuan rumah Qatar dengan skor 0-2 pada pertandingan pembuka pada tanggal 15 April.

Setelah kekalahan tersebut, Garuda Muda berhasil memenangkan pertandingan 1-0 melawan Australia, meraih kemenangan gemilang 4-1 atas Yordania, dan berhasil mengalahkan juara bertahan edisi 2020, Korea Selatan, di perempat final melalui drama adu penalti.

Pelatih berusia 53 tahun itu mengakui bahwa hasil ini telah meningkatkan kepercayaan diri tim, dan menurutnya, mencapai target untuk melaju ke final serta mengamankan tempat di Olimpiade Paris 2024 sekarang menjadi hal yang sangat mungkin bagi Garuda Muda, termasuk Rizky Ridho dan rekan-rekannya.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," tambahnya.

Sumber: