Jaga Bumil Hingga Persalinan, Disarankan Makan Gizi Seimbang

Jaga Bumil Hingga Persalinan, Disarankan Makan Gizi Seimbang

PEMERIKSAAN IBU HAMIL: Jajaran bidan dan medis PKM Pagaden saat kegiatan ANC dan pemeriksaan ibu hamil di Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Kamis (24/4).--DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES

RADAR JABAR - Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Pagaden mengadakan kegiatan  Ante Natal Care (ANC) bagi para ibu ibu hamil dipedesaan.

Hal tersebut sebagai upaya PKM untuk menjaga Bumil hingga masa persalinan.

ANC kali ini dilaksanakan di setiap desa dan hari berlokasi di Desa Gambarsari Kecamatan Pagaden, Kamis (24/4).

Menurut Kepala PKM Pagaden H Anang yang juga Ketua APKES Kabupaten Subang menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan Ibu hamil di wilayah kerja.

 

BACA JUGA:Depok Harap Keanggotaannya Dalam Aglomerasi DKJ Bawa Manfaat Lebih Besar

 

PKM Pagaden dilaksanakan  serentak seluruh bumil diperiksa dan diberi penyuluhan kesehatan, dengan jadwal bergilir  1 hari 1 desa.

Kegiatannya ANC ini terpadu karena dilaksanakan oleh program program terkait di Puskesmas, bukan hanya bidan desa saja, tetapi kader posyandu dan kader kesehatan yang ada di desa juga dilibatkan.

"ANC ini penting untuk diikuti oleh setiap bumil, agar mereka paham apa dan harus bagaimana menjaga kondisi kesehatan ibu nya serta bayi yang dikandungnya, agar tetap sehat hingga masa persalinan," kata H Anang.

Oleh karena itu, ANC ini begitu penting dimana pemeriksaan kesehatan secara berkala yaitu 6 kali selama hamil. Dengan perincian trisemester kesatu sebanyak 1 kali pemeriksaan, trisemester  kedua sebanyak 2 kali pemeriksaan, trisemester  ketiga sebanyak 3 kali pemeriksaan.

 

BACA JUGA:Bacawalkot Cirebon Suhendrik Bertemu Elit Golkar, Ternyata Ini Tujuannya

 

Sumber: