Sebelum Memutuskan Untuk Melamar Kerja, Ini Tips Membuat CV yang Menarik dan Dilihat HRD

Sebelum Memutuskan Untuk Melamar Kerja, Ini Tips Membuat CV yang Menarik dan Dilihat HRD

Tips Membuat CV-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Mendapatkan panggilan wawancara bisa menjadi langkah pertama yang menentukan dalam mendapatkan pekerjaan impian.

Namun, dalam dunia persaingan kerja yang semakin ketat Iini, bagaimana cara membuat CV yang mampu menarik perhatian rekruter dalam waktu singkat?

Sebagian besar tim HRD hanya butuh beberapa detik untuk menilai sebuah CV. Oleh karena itu, penting bagi pencari kerja untuk membuat CV yang singkat, padat, namun tetap efektif.

 

Berikut adalah 10 tips jitu yang bisa membantu Anda mendapatkan panggilan wawancara melalui CV yang ciamik:

 

1. Buat CV secara jelas dan tidak bertele-tele

Mengutip dari The Guardian, CV yang efektif haruslah singkat namun mampu memberikan informasi yang jelas dan tidak membuat recruiter bingung. Gunakan bullet points dan tulisan yang ringkas untuk memudahkan pembacaan.

Dalam CV ,asukan deskripsi pribadimu dengan singkat dan jelas, pada deskripsi ini tonjolkan kelebihan dan bakat yang kamu punya sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

2. Hindari penggunaan kata yang klise

Pada pembuatan CV ini, kamu diharuskan menggunakan kata-kata yang memiliki power atau kekuatan.

Pilihlah kata-kata yang memiliki daya tarik dan menggambarkan kemampuan Anda secara efektif. Hindari penggunaan kata-kata umum yang terlalu klise.

3. Cantumkan pengalaman yang relevan

Pilihlah pengalaman yang memiliki relevansi tinggi dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda seorang fresh graduate, fokuskan pada hard skill atau soft skill yang Anda kuasai.

 

Sumber: