Apa Meningitis Dapat Menular? Pahami Dulu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Apa Meningitis Dapat Menular? Pahami Dulu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

Jenis parasit ini juga termsuk tipe yang jarang terjadi dan disebabkan oleh parasit seperti Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis, yang biasanya menyerang hewan.

Dalam kasus ini orang yang terkena parasit meningitis prasit adalah orang yang apabila mengonsumsi telur, daging atau produk dari hewan yang tertular parasit tersebut

 

Gejala Meningitis

Gejala awal meningitis mirip dengan flu, namun dapat berkembang menjadi lebih serius dalam beberapa jam atau beberapa hari. Gejalanya termasuk demam tinggi, sakit kepala parah, kejang, leher kaku, mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya.

Pengobatan Meningitis

Pengobatan meningitis bergantung pada jenisnya:

1. Meningitis Virus

Meningitis virus biasanya sembuh dengan istirahat, konsumsi cairan, dan obat pereda nyeri. Obat antivirus mungkin diperlukan untuk beberapa kasus.

2. Meningitis Bakteri

Meningitis jenis ini harus diobati segera dengan antibiotik untuk mencegah komplikasi serius seperti pembengkakan otak. Kortikosteroid juga dapat diresepkan.

3. Meningitis Jamur

 Membutuhkan obat antijamur dan mungkin perawatan di rumah sakit jika pengidap mengalami dehidrasi atau gejala yang parah.

 

Apakah Meningitis Menular?

Iya, meningitis bisa menular melalui droplet saat batuk atau bersin. Faktor risiko termasuk lingkungan dengan kebersihan rendah dan keramaian, seperti di asrama atau perkemahan.

 

Pencegahan Meningitis

Tindakan pencegahan meliputi vaksinasi, praktik kebersihan yang baik, menjaga gaya hidup sehat, dan menghindari kontak dengan penderita meningitis. Antibiotik juga dapat diberikan kepada orang yang berisiko tinggi.

Sumber: