Apa Meningitis Dapat Menular? Pahami Dulu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Apa Meningitis Dapat Menular? Pahami Dulu Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Radang selaput otak atau meningitis adalah kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada lapisan otak dan saraf tulang belakang bernama meningen.

Kondisi ini adalah hal yang serius dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Dilansir dari laman Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes), untuk mendeteksi meningitis cukup sulit karena gejalanya seringkali mirip dengan flu atau sakit kepala biasa.

Semua orang, tanpa memandang usia, berisiko terkena penyakit ini. Oleh karena itu, penting untuk mengenali penyebab, gejala, pengobatan, dan pencegahan meningitis.

 

Berikut adalah penjelasan mengenai penyakit meningitis: 

 

Penyebab Meningitis

Meningitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya virus, bakteri, jamur, atau parasit.  merujuk pada WebMD dan Mayo Clinic, berdasarkan dari penyebabnya meningitis terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Meningitis Bakteri

Umumnya disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Listeria monocytogenes, dan Haemophilus influenzae. Rentan menyerang usia di bawah 20 tahun.

Dalam banyak kasus meningitis sejenis iniberawal dari bakteri yang masuk ke aliran darah lewat sinus, telinga dan tenggorokan. Kemudian bakteri tersebut bisa menyebar ke darah lalu ke otak.

2. Meningitis Virus

Biasanya lebih ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Virus yang dapat menyebabkan meningitis termasuk enterovirus, herpes simplex, HIV, West Nile, dan Mumps.

3. Meningitis Jamur

Lebih jarang terjadi dan biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti penderita AIDS. Jamur penyebab meningitis meliputi Cryptococcus, Histoplasma, Blastomyces, dan Coccidioides.

4. Meningitis Parasit

Sumber: