Puluhan Warga di Sukabumi Terkena Dampak Bencana Banjir

Puluhan Warga di Sukabumi Terkena Dampak Bencana Banjir

Ilustrasi bencana banjir-Ridwan Triatmodj-ANTARA News

Radar Jabar – Puluhan warga di Kampung Situawi, Kota Sukabumi, Jawa Barat, terdampak bencana banjir yang diakibatkan hujan deras yang turun sejak siang sampai malam, hari Selasa 23 April 2024.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Sukabumi.

 

“Ada 38 jiwa atau 11 kepala keluarga yang terdampak bencana banjir akibat meluapnya Sungai Ciseupan Situawi, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat, di lokasi bencana pada Selasa (23/4), dikutip dari Antara Jabar.

 

BACA JUGA:Kepala dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Duka Peserta Seleksi Paskibraka di Sukabumi

 

Ia menyebut berdasarkan pendataan sementara, jumlah rumah yang terendam banjir ada 18 unit dengan rata-rata ketinggian air dari 50-100 cm. Guna mengurangi debit air yang merendam rumah warga, pihaknya meminta bantuan petugas pemadam kebakaran untuk menyedot air.

 

Sampai Selasa malam, banjir sudah mulai surut. Hanya beberapa titik yang tergenang oleh air.

 

BACA JUGA:Belasan Warga Sukabumi Terperangkap dalam Skema Investasi Bodong Menurut Polres Sukabumi Kota

 

Petugas penanggulangan bencana BPBD yang mendapat bantuan dari beberapa relawan, masih ada di lokasi bencana. Mereka membantu warga untuk membersihkan lumpur sisa banjir.

 

Untuk diketahui, lokasi tersebut adalah salah satu langganan bencana banjir. Hal ini sebab aliran Sungai Ciseupan Situawi yang mengalir di sekitar pemukiman warga semakin menyempit dan terjadi pendangkalan akibat banyak endapan sampah.

Sumber: