Tiga Faktor Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia Menurut Shin Tae-yong

Tiga Faktor Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia Menurut Shin Tae-yong

Pemain timnas Indonesia U-23 Komang Teguh Trisnanda (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Australia pada pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024.-HO-PSSI-ANTARA

Radar Jabar – Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia U-23 1-0 pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar di stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis 18 April 2024 malam WIB. Pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong (STY), menyebut tiga faktor kunci kemenangan anak-anak asuhnya atas Australia.

 

Dalam pertandingan itu, Indonesia U-23 menang berkat gol semata wayang bek Komang Teguh di menit-menit akhir babak pertama. Pada momen skema sepakpojok, Komang membelokkan tendangan Nathan Tjoe-A-On untuk menjebol gawang Olyroos.

 

Ini bukan hanya tripoint pertama timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Namun juga membalaskan kekalahan mereka dari Australia U-23 tiga tahun silam via skor 2-3 dan 0-1 di kualifikasi Piala Asia U-23 Grup G.

 

BACA JUGA:Daftar 23 Pemain di Skuad Final Timnas untuk Piala Asia U-23: Nathan Gabung, Kakang dan Dzaky Dipulangkan

 

Menurut STY, semangat pantang menyerah para pemain, tetap percaya diri, dan mental yang kuat adalah tiga faktor kemenangan melawan Australia sang kekuatan besar di Asia.

 

“Tentu saja Australia tim yang kuat, punya kemampuan fisik yang bagus, kecepatan, skil, teknik dan individu pemain yang sangat baik,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu pasca pertandingan, dilansir keterangan resmi PSSI dikutip dari Antara, Jumat (19/4).

 

“Tetapi saya menekankan kepada pemain untuk tidak boleh menyerah dan tetap percaya diri, juga pentingnya mental yang kuat,” sambungnya.

 

BACA JUGA:Erick Thohir Berjumpa dengan Pemain Berdarah Indonesia Emil Audero di Inter Milan

 

“Pemain melakukan itu semua dengan baik, mereka berusaha dengan upaya yang hebat,” tambah STY.

 

Indonesia melesat ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin berkat kemenangan ini. Ernando Ari cs unggul dua angka dari Yordania serta Australia di urutan ketiga dan keempat.

 

Koleksi poin ini membuat Indonesia U-23 cukup bermain imbang dengan Yordania di partai pamungkas fase grup untuk mengunci tiket perempat final Piala Asia U-23 2024. Laga Indonesia U-23 vs Yordania U-23 tersebut akan berlangsung di stadion Abdullah bin Khalifa, hari Minggu 921/4) pukul 22.30 WIB.

Sumber: