7 Obat Alami untuk Menurunkan Demam yang Efektif di Rumah

7 Obat Alami untuk Menurunkan Demam yang Efektif di Rumah

Ilustrasi orang yang terkena demam--Freepik/benzoix

RADAR JABAR - Tidak perlu obat berbahan kimia untuk menyembuhkan demam. Ada beberapa obat alami untuk menurunkan demam yang bisa dicoba di rumah.

Demam merupakan salah satu jenis respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit lainnya. Ketika sedang mengalami demam, penting untuk segera mengatasinya untuk meringankan ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain menggunakan obat-obatan kimia, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan di rumah untuk menurunkan demam. Berikut adalah beberapa obat alami untuk menurunkan demam yang efektif dilakukan di rumah.

1. Minum Banyak Cairan

Ketika demam, tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan yang lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa harus tetap terhidrasi dengan baik.

Memberikan cairan merupakan langkah penting dalam mengatasi demam. Cairan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mencegah dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi tubuh. Berikut adalah beberapa pilihan cairan yang baik untuk diminum: 

Air Putih: Air putih adalah sumber hidrasi utama yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Kaldu Ayam Hangat: Kaldu ayam mengandung nutrisi penting dan dapat memberikan rasa hangat yang nyaman.

Jus Buah Encer: Jus buah memberikan tambahan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Popsicle: Popsicle tidak hanya menyegarkan tetapi juga membantu memberikan cairan.

BACA JUGA:6 Manfaat Kunyit yang Jarang Orang Ketahui bagi Lambung dan Kesehatan

2. Istirahat Penuh

Istirahat yang cukup sangat penting untuk memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi dengan lebih efektif. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan hindari aktivitas yang melelahkan selama demam.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat demam. Pastikan airnya tidak terlalu panas, karena ini dapat membuat tubuh tidak nyaman.

Mandi dengan air hangat dapat memberikan efek menyegarkan dan membantu meredakan demam.

4. Minum Air Jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan demam dan gejala terkaitnya. Anda dapat membuat minuman jahe dengan merendam potongan jahe segar dalam air panas dan menambahkan sedikit madu untuk rasa.

Sumber: