5 Trivia tentang Siomay, Jadi Peringkat 1 ‘Best Dumpling’ di Dunia versi TasteAtlas 2024

5 Trivia tentang Siomay, Jadi Peringkat 1 ‘Best Dumpling’ di Dunia versi TasteAtlas 2024

Ilustrasi siomay - 5 Trivia tentang Siomay, Jadi Peringkat 1 ‘Best Dumpling’ di Dunia versi TasteAtlas 2024-jcomp-Tangkapan layar via freepik

Radar Jabar – Makanan yang populer di Indonesia, siomay, menempati posisi pertama pada daftar dumpling terenak di dunia versi situs asal Kroasia, TasteAtlas. Berikut adalah tujuh hal menarik seputar siomay.

 

TasteAtlas, situs yang fokus mengulas kuliner tradisional, telah membuat daftar ‘Top 100 Dumplings in the World’. Salah satu varian dumpling populer di Indonesia, siomay, masuk di dalam daftar tersebut.

 

Bukan hanya sekadar bertengger, siomay asal Indonesia berada di peringkat teratas alias pertama daftar best dumpling di dunia versi TasteAtlas 2024. Siomay unggul di atas dumpling-dumpling terkenal lainnya seperti gyoza (Jepang) dan tangbao (Tiongkok).

 

TasteAtlas menyebut siomay sebagai dumpling ikan khas Indonesia dengan tambahan telur, kentang, kol, tahu, serta pare, semuanya dikukus. Isiannya itu ditaruh di atas piring kemudian disirami saus kacang bercitarasa pedas.

 

Ada juga bumbu khas lainnya yakni kecap manis dan saus sambal, serta kucuran jeruk limo. Untuk mengetahui lebih banyak tentang siomay, inilah sejumlah trivia menarik terkait siomay sementara dihimpun dari berbagai sumber.

 

BACA JUGA:Resep Sederhana Cara Membuat Siomay Khas Bandung yang Gampang Dibuat di Rumah

 

1. Asal dan Nama Asli Siomay

Siomay berasal dari Guangdong sebuah provinsi selatan Tiongkok. Awalnya siomay dikenal sebagai "shumai" yang berarti "dim sum" dalam bahasa Tiongkok.

Sumber: