Diperkirakan 520 Ribu Kendaraan akan Melintasi Arus Milir Tol Cipularang dan Padaleunyi

Diperkirakan 520 Ribu Kendaraan akan Melintasi Arus Milir Tol Cipularang dan Padaleunyi

Gerbang Tol Kalihurip Utama--ANTARA/HO-Jasa Marga

RADAR JABAR - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, yang bertanggung jawab atas ruas Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi, memperkirakan bahwa jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada arus milir Lebaran tahun ini akan mencapai 520 ribu unit.

Widiyatmiko Nursejati, Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, menyampaikan dalam keterangan di Purwakarta pada hari Jumat bahwa pada rentang waktu H+1 hingga H+4 Lebaran atau 12-15 April 2024, sekitar 520 ribu kendaraan diharapkan melintasi jalan tol tersebut.

Prediksi jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 42,82 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal sebelumnya yang mencapai 364 ribu kendaraan, dan naik 2,99 persen dibandingkan dengan lalu lintas Lebaran tahun 2023 yang mencapai 505 ribu kendaraan.

BACA JUGA:KNKT Ungkap Terdapat Kesalahan Dalam Prosedur Penugasan Sopir Bus Oleh Perusahaan PO Bus Rosalia Indah

Ia menambahkan bahwa peningkatan lalu lintas arus milir Lebaran tersebut merupakan hasil dari kumulatif arus lalu lintas dari tiga gerbang tol (GT) Cileunyi (arah Jabotabek), GT Pasteur (arah Jabotabek), dan GT Kalitama (arah Jabotabek).

Puncak arus milir Lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi pada H+4 Lebaran atau 15 April 2024.

Jasamarga mengimbau kepada para pemudik untuk menghindari perjalanan pada tanggal puncak tersebut dan menghindari waktu-waktu sibuk, khususnya perjalanan pada pagi atau malam hari.

BACA JUGA:Polisi Imbau Masyarakat Terkait Ancaman Penipuan Melalui File Aplikasi Berisi Surat Panggilan

Mereka juga menyarankan kepada pengguna jalan untuk memastikan bahwa diri dan kendaraannya dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan, termasuk memeriksa kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

Nursejati menjelaskan bahwa rentang waktu arus milir yang singkat berpotensi menyebabkan peningkatan dan kepadatan arus lalu lintas di jalan tol.

Untuk mengatasi kelelahan saat berkendara, Jasamarga Metropolitan Tollroad mendorong pengguna jalan untuk menggunakan area istirahat yang tersedia di ruas tol.

BACA JUGA:Polresta Bandung Gelar Jum'at Curhat di Wilayah Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang

Selama periode arus milir Lebaran, Jasamarga Metropolitan Tollroad meningkatkan pelayanan dengan mengoptimalkan lima area istirahat arah Jakarta dan tiga area istirahat arah Bandung/Cileunyi di ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi.

Area istirahat di ruas tol Padaleunyi arah Jakarta berada di KM 125 B dan KM 149 B, sementara arah Cileunyi terletak di KM 147 A. Di ruas Cipularang arah Jakarta terdapat di KM 72 B, KM 88 B, dan KM 97 B, sementara arah Bandung terletak di KM 72 A dan KM 88 A.*

Sumber: antaranews