Dinas Kesehatan Kota Cimahi Siap Hadapi Hari Raya Idul Fitri, Mulai dari Tenaga Kesehatan Hingga PSC 119

Dinas Kesehatan Kota Cimahi Siap Hadapi Hari Raya Idul Fitri, Mulai dari Tenaga Kesehatan Hingga PSC 119

Dinas Kesehatan Kota Cimahi Siap Hadapi Hari Raya Idul Fitri, Mulai dari Tenaga Kesehatan Hingga PSC 119-Dinas Kesehatan Kota Cimahi Siap Hadapi Hari Raya Idul Fitri-ilustrasi Freepik

RADAR JABAR - Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Kesehatan Kota Cimahi telah menyiapkan langkah-langkah penting untuk menghadapi situasi kesehatan yang mungkin timbul selama periode tersebut.

Perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak hanya merupakan momen kebahagiaan, tetapi juga membutuhkan perhatian ekstra terhadap kesehatan, terutama di tengah pandemi global yang sedang berlangsung.

Mereka telah menyiapkan tenaga kesehatan, dokter, petugas PSC 119, dan supir ambulance yang siap digunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Mulyati, menjelaskan bahwa petugas PSC 119 telah ditempatkan di Posko yang berlokasi di Alun-alun Kota.

"Posko ini akan menjadi tempat rujukan bagi pemudik atau masyarakat yang mengalami kendala dalam menemukan rujukan ke Rumah Sakit, baik itu karena kapasitas rumah sakit penuh atau kosong," ungkap Mulyati. Dikutip dari laman Jabar Ekspres, Selasa (9/04/2024)

 

BACA JUGA:Jasamarga Catat Sudah Ada 209.095 Kendaraan Masuk Bandung Via Tol Pasteur

 

Mulyati menekankan pentingnya peran PSC 119 sebagai sarana komunikasi dan rujukan kesehatan bagi masyarakat.

"Pemudik atau siapa pun yang membutuhkan bantuan kesehatan dapat menghubungi PSC 119 untuk mendapatkan bantuan dan informasi yang diperlukan," tambah Mulyati

Sementara itu, Agen PCI 199 Kota Cimahi, Lulu Fauziah, menjelaskan bahwa tupoksi PCI 199, terutama dalam layanan di posko kesehatan, memiliki fungsi yang sama dengan perawat gawat darurat yang berasal dari Dinkes.

"Tidak ada perbedaan, kami fokus pada memberikan pertolongan pada pasien gawat darurat atau siapa pun yang datang ke posko," ucap Lulu

Lulu juga mengungkapkan bahwa PCI 199 memiliki call center yang beroperasi selama 24 jam, sehingga siap menerima panggilan dan memberikan layanan yang diperlukan.

"Kami siap memberikan pertolongan dan rujukan kepada siapa pun yang membutuhkan, serta menyediakan ambulance jika diperlukan," imbuhnya.

Sumber: