Masih Banyak Jalan Rusak Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Begini Kata DBMPR Jabar

Masih Banyak Jalan Rusak Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Begini Kata DBMPR Jabar

Masih Banyak Jalan Rusak Jelang Arus Mudik Lebaran 2024-JE-

RADAR JABAR – Jelang arus mudik lebaran 2024, masih terdapat ratusan kilometer jalan rusak dan berlubang di Jawa Barat.

Ahli Muda Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan DBMPR Jabar, Muhammad Jusak, seorang ahli muda yang bertanggung jawab dalam bidang pemeliharaan dan pembangunan di lembaga tersebut.

Berdasarkan data yang dikumpulkannya, dari total panjang jalan sekitar 25.895,602 kilometer di Provinsi Jawa Barat, sekitar 380 kilometer di antaranya masih mengalami kerusakan, dengan tambahan temuan sebanyak 218 lubang.

“Tapi untuk kemantapan jalan kita sudah mencapai 83,90 persen dan jalan kabupaten/kota dengan panjang 21.759,409 km memiliki kemantapan jalan 81,58 persen,” katanya, Rabu (3/4).

BACA JUGA:Siap-siap Mudik! Berikut Jadwal Libur dan Cuti Lebaran 2024

Namun demikian, Jusak menegaskan bahwa jalan yang masih rusak tersebut tidak akan menjadi rute utama bagi pemudik maupun pemudik balik Lebaran 2024.

“Seperti di Jalan Parung Panjang – Bunar (Bogor), Jalan Cikadu (Cianjur) dan Jalan Jampang Tengah Kiara Dua Sukabumi. Jadi jalan tersebut bukan sebagai jalur mudik atau jalur balik untuk Lebaran 2024,” ujarnya.

Namun, Jusak menegaskan bahwa DBMPR Jabar akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan agar semua jalan yang dikelola oleh pemerintah provinsi tetap dalam kondisi baik dan nyaman bagi pengguna kendaraan.

“Seperti di Jampang dan Cikadu, kita sudah tandatangan kontrak (perbaikan) dengan panjang Jampang Tengah 11 km dan Cikadu itu 5 km kurang lebih. Kita akan bertahap. Sementara untuk Parung Panjang, itu ada bantuan dari kementerian, mudah-mudahan tahun sekarang sudah tertangani,” ucapnya

BACA JUGA:10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat Mudik

Selanjutnya, Jusak menjelaskan bahwa timnya akan terus berusaha untuk melakukan perbaikan terhadap lubang-lubang di jalan.

“Saat ini dari 1 April sudah tinggal 218 lubang dan kemarin kita monitoring tinggal beberapa lagi (lubang yang tersisa) mudah-mudahan di akhir pekan ini, sudah 0 lubang untuk jalur yang dilewati pemudik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono, mengungkapkan bahwa sekitar 119 jalur jalan provinsi akan menjadi rute bagi pemudik pada tahun ini.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan mudik tahun ini, Bambang menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pemeliharaan di jalur-jalur yang kemungkinan besar akan digunakan oleh pemudik.

Sumber: