7 Obat Alami untuk Gusi Bengkak yang Efektif Menyembuhkan? Bisa Jadi Alternatif!

7 Obat Alami untuk Gusi Bengkak yang Efektif Menyembuhkan? Bisa Jadi Alternatif!

Obat Alami untuk Gusi Bengkak -ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Rekomendasi obat alami gusi bengkak ini bisa menjadi solusi dan penyembuhan secara alternatif dan tentu sehat. 

Gusi bengkak dapat menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan mulut. Namun, sebelum bergegas ke apotek untuk mendapatkan obat kimiawi, pertimbangkan untuk mencoba beberapa obat gusi bengkak alami yang efektif dan aman. Di bawah ini adalah beberapa pilihan yang dapat di coba. 

Rekomendasi Obat Alami Gusi Bengkak

1. Air Garam

Kandungan antiseptik di dalam garam dipercaya dapat mencegah infeksi dan mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab pembengkakkan.

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur. Lakukan beberapa kali sehari untuk hasil yang optimal.

2. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Larutan kunyit dapat digunakan untuk berkumur selama minimal 30 detik atau Anda bisa menambahkan bubuk kunyit ke dalam teh panas untuk diminum. Kunyit juga bisa dioleskan langsung ke area yang bengkak untuk mengurangi peradangan.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis bawang ini mengandung senyawa antimikroba, antiseptik, dan antioksidan flavonoid quercetin, yang dapat membantu menghilangkan bakteri dan meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak.

Cukup hancurkan bawang merah atau bawang putih, lalu tempelkan pada area yang sakit.

 

BACA JUGA:7 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Gigi: Tetap Sehat Meskipun Tidak Nyaman

 

4. Tea Tree Oil

Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang kuat. Gunakan beberapa tetes minyak tea tree yang dicampur dengan sedikit air untuk berkumur selama beberapa menit setiap hari.

Ini dapat membantu mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi, serta membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut lainnya.

5. Cangkang Almond

Cangkang almond yang telah dibakar dan dihancurkan menjadi bubuk dapat digunakan sebagai obat topikal untuk mengurangi pembengkakan gusi. Oleskan bubuk almond langsung ke area yang bengkak untuk meredakan gejala.

 

Sumber: berbagai sumber