Coba 5 Bahan Alami yang Berkhasiat Mengatasi Asam Urat

Coba 5 Bahan Alami yang Berkhasiat Mengatasi Asam Urat

Bahan Alami yang Berkhasiat Mengatasi Asam Urat --Istimewa

RADAR JABAR - Asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi akibat penumpukan kristal Asam urat di dalam tubuh.

Meskipun terdapat berbagai obat-obatan yang tersedia untuk mengatasi gejala asam urat, beberapa orang lebih memilih menggunakan bahan alami sebagai pengobatan tambahan atau bahkan pengganti terhadap pengobatan konvensional.

Berikut 5 bahan alami yang terbukti memiliki efek mengatasi asam urat:

1. Cherry Hitam

Cherry hitam adalah buah yang kaya akan antioksidan, termasuk senyawa yang disebut anthocyanin. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi cherry hitam atau minum jus cherry hitam secara teratur dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Anthocyanin dalam cherry hitam diyakini memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan asam urat.

Anda dapat mengonsumsi cherry hitam secara langsung, atau jika tidak tersedia, Anda juga dapat mencari suplemen ekstrak cherry hitam.

 

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Saat Menjalani Ibadah Puasa

 

2. Jahe

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena sifat antiinflamasi dan analgesiknya yang kuat. Konsumsi jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

Anda dapat menambahkan jahe ke dalam makanan dan minuman sehari-hari, atau membuat teh jahe dengan merebus potongan jahe segar dalam air panas. Teh jahe ini dapat diminum beberapa kali sehari untuk meredakan gejala asam urat.

3. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Konsumsi kunyit secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit pada sendi yang terkena asam urat.

Kunyit juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati, yang penting dalam pengelolaan asam urat. Untuk mengonsumsi kunyit, Anda dapat menambahkannya ke dalam masakan atau membuat minuman kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu atau air hangat.

 

BACA JUGA:15 Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Unik, Bikin Cantik Ruangan!

Sumber: