8 Tips Agar Tidak Cepat Haus saat Puasa, Kamu Sudah Tau?

8 Tips Agar Tidak Cepat Haus saat Puasa, Kamu Sudah Tau?

Tips Agar Tidak Cepat Haus saat Puasa-ilustrasi-( Sumber Gambar: Pixabay)

RADAR JABAR - Tips agar tidak cepat haus saat puasa ini bisa banget diterapkan di bulan suci Ramadhan, karena menahan haus selama berjam - jam bukanlah suatu hal yang mudah bagi tubuh, jadi kita harus memperhatikan asupan atau nutrisi. 

Puasa adalah waktu yang suci dan penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, menjalankan puasa dalam kondisi cuaca panas atau bahkan dalam kondisi normal pun bisa menimbulkan rasa haus yang mengganggu.

Untuk memastikan tetap nyaman dan terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk menghindari rasa haus saat berpuasa:

Tips Agar Tidak Cepat Haus saat Puasa 

1. Minum Air Putih Secukupnya

Air adalah kebutuhan pokok tubuh manusia, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. 

Kalian bisa membagi konsumsi air ini dengan minum 2 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 3 gelas antara waktu berbuka hingga tarawih.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak air dan serat, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan seperti semangka, mentimun, dan stroberi, serta sayuran seperti selada dan mentimun.

3. Hindari Makanan Terlalu Asin, Manis, dan Garam

Makanan yang tinggi garam, gula, atau rempah bisa meningkatkan rasa haus. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin, manis, atau berlemak, dan lebih memilih makanan yang ringan dan seimbang.

4. Pilih Yogurt sebagai Alternatif

Yogurt adalah sumber air yang baik dan juga mengandung nutrisi penting seperti kalsium dan protein. Menyantap yogurt saat sahur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

5. Hindari Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda mengandung kafein yang bisa meningkatkan produksi urine dan membuat Anda lebih cepat kehilangan cairan.

Sebaiknya hindari minuman berkafein dan pilih air putih sebagai minuman utama selama bulan Ramadan.

 

BACA JUGA:7 Buah-buahan yang Dapat Mengatasi Rasa Haus Selama Puasa di Bulan Ramadhan

 

6. Kenakan Pakaian yang Tepat

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan, longgar, dan berwarna cerah. Pakaian seperti ini akan membantu menjaga tubuh tetap sejuk dan nyaman selama berpuasa.

7. Gunakan Payung atau Topi

Sumber: