'Pilpres Rusia 2024 Berjalan Meriah, Ada Festival di TPS'

'Pilpres Rusia 2024 Berjalan Meriah, Ada Festival di TPS'

Peneliti dan Pengajar Tetap Vokasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati (baju merah) menjadi pengamat ahli independen Pilpres Rusia 2024-Dokumen pribadi pewarta Feru Lantara-Antara

Radar Jabar - Hari kedua pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) Rusia 2024 di kota Naberezhnye Chelny dan Almetyevsk berjalan meriah. Hal ini diungkapkan oleh pengajar tetap Vokasi Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati, yang menjadi pengamat ahli independen Pilpres Rusia 2024.

 

Devie menyebut beragam festival digelar di tempat-tempat pemungutan suara, termasuk sekolah, pada pemilihan selama tiga hari (15-17 Maret 2024) tersebut.

 

"Ada bazar, perlombaan oleh anak-anak, hingga panggung yang diisi oleh anak-anak yang menyanyi dan berdansa," ujarnya dalam keterangannya hari Minggu 16 Maret 2024, dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:SpaceX Menaikkan Intensitas Pengujian Penerbangan Roket Sepanjang Tahun 2024

 

Menurutnya, pemerintah memanjakan masyarakat melalui akses gratis ke pelbagai tempat seperti museum, fasilitas olahraga, serta pertunjukan. Bahkan juga diskon pembelian bahan bakar.

 

"Di beberapa TPS sudah menggunakan mesin otomatis untuk melakukan scan surat suara, sehingga dapat diketahui dengan cepat jumlah kertas suara yang masuk," ungkap dia.

 

Pengamat yang juga menjabat selaku communication advisor Folks Studio tersebut menjelaskan Rusia memungkinkan siapa saja untuk jadi saksi pemilu, tidak hanya perwakilan partai politik. Mereka bisa menjadi saksi pemilu mulai pukul 08.00 sampai TPS ditutup pukul 20.00 waktu setempat.

 

Sumber: