2 Pohon Tumbang Imbas Hujan Deras di Bogor Merusak Rumah Warga

2 Pohon Tumbang Imbas Hujan Deras di Bogor Merusak Rumah Warga

Tim Rescue Cepat BPBD Kota Bogor menangani pohon tumbang di wilayahnya. -HO-BPBD Kota Bogor-ANTARA

Radar Jabar – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, Hidayatulloh, mengungkapkan terjadi dua peristiwa pohon tumbang di Kelurahan Ciparigi dan Mulyaharja, Kamis 14 Maret 2024 malam.

 

BPBD Kota Bogor sudah menangani dua pohon tumbang tersebut. Kedua pohon yang tumbang itu ada di titik berbeda akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

 

“Imbas kejadian bencana ini, atap rumah milik warga mengalami kerusakan ringan serta akses jalan warga sempat terganggu akibat tertutup ohon tumbang,” jelas Hidayatulloh, dikutip dari Antara.

 

Pohon tumbang yang menimpa rumah warga, kata dia, terjadi di Kelurahan Ciparigi. Ia menyebut penyebab pohon tumbang lantaran hujan deras disertai tiupan angin kencang serta akar pohonnya memang sudah rapuh.

 

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Bandung Akan Rekrut 1.500 ASN Baru di Tahun 2024, Meliputi PPPK dan CPNS

 

“Pohon tumbang jenis pepaya Jepang dengan ukuran tinggi tiga meter, dampaknya menimpa atap rumah warga. Kondisi rumah terdampak rusak ringan,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut ia menyatakan penanganan pohon tumbang tersebut saat ini sudah petugas laksanakan sejak kemarin malam.

 

Di lain sisi, Hidayatulloh mengungkapkan pohon tumbang yang menutup akses jalan warga terjadi di Jalan Cibeureum, Kelurahan Mulyaharja. Hujan deras disertai tiupan angin kencang menjadi penyebab pohon di wilayah tersebut tumbang.

 

BACA JUGA:Pemkot Bogor Hadirkan Pasar Murah Sepanjang Ramadhan 1445 H

 

“Pohon tumbang jenis pohon Kiacret dengan ukuran tinggi 10 meter, ini dampaknya menutupi akses jalan raya sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas kendaraan serta pejalan kaki,” papar dia.

 

Menurut Hidayatulloh, penanganan pohon tumbang sudah rampung dilakukan. Penanganan ini dilaksanakan oleh tim personel piket Tim Rescue Cepat (TRC) BPBD Kota Bogor bersama Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, juga unsur relawan kebencanaan lainnya.

 

“Penanganan pohon tumbang telah selesai dilaksanakan dan saat ini jalan raya terdampak telah dapat dipergunakan kembali.” Pungkasnya.

 

Sumber: Antara.

Sumber: