Industri Kreatif Bandung Perlu Ditingkatkan Lewat Kerjasama dengan Pemerintah

Industri Kreatif Bandung Perlu Ditingkatkan Lewat Kerjasama dengan Pemerintah

Industri Kreatif di Bandung Perlu Ditingkatkan-Kang Acel (Kanan) saat Diskusi Bandung Kreatif bersama perwakilan seniman Bandung-

RADAR JABAR - Kota Bandung dikenal karena industri kreatifnya yang cukup terkenal, namun, tampaknya potensi industri kreatif tersebut masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan para pelaku industri kreatif.

Pernyataan ini disampaikan oleh Acep Lulu Iddin setelah berlangsungnya Diskusi Bandung Kreatif pada Jumat malam tanggal 8 Maret.

Menurut Kang Acel, industri kreatif Bandung sedang menghadapi tantangan besar dan memerlukan langkah-langkah kebijakan yang lebih kolaboratif agar dapat berkembang lebih baik.

BACA JUGA:NextPreneur Business Inkubator Lahirkan Potensi Ekonomi Kreatif

Dampak positifnya juga akan dirasakan dalam jangka panjang dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Potensinya besar, butuh dikembangkan lagi,” jelas Acel.

Menurut pendiri Bandung Kreatif itu, salah satu hal yang krusial dalam meningkatkan industri kreatif di Bandung adalah melalui kolaborasi.

“Kolaborasi yang cantik antara pemerintah dan pelaku ekonomi kreatif, seperti sektor seni,” papar pria yang juga masuk bursa Calon Walikota dari PKS itu.

Kolaborasi yang efektif sangat penting untuk menghindari tumpang tindih kebijakan operasional dan untuk menangkap kebutuhan para pelaku ekonomi kreatif.

Pemerintah dapat memainkan peran sebagai fasilitator dalam berbagai hal, mulai dari infrastruktur hingga pemasaran.

Seorang pria yang lahir pada tanggal 4 Juni 1973 menambahkan bahwa pertumbuhan industri kreatif akan berdampak positif pada kehidupan masyarakat, termasuk meningkatkan pendapatan per kapita.

Di sisi lain, pertumbuhan industri kreatif juga akan menarik minat para investor untuk berinvestasi di Kota Bandung, yang pada akhirnya akan menguntungkan pemerintah.

Sementara itu, seorang sineas asal Bandung, Iang Darmawan, menggarisbawahi bahwa partisipasi generasi muda, terutama dalam bidang perfilman, adalah salah satu catatan penting dalam perkembangan industri kreatif di Bandung.

Sumber: