DPR Terima Tiga Surpres Terkait Naturalisasi Calon Pemain Timnas Indonesia

DPR Terima Tiga Surpres Terkait Naturalisasi Calon Pemain Timnas Indonesia

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/30)--ANTARA/YouTube/DPR RI

RADAR JABAR - DPR RI menerima tiga pucuk surat presiden (Surpres) terkait permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi terhadap tiga nama yang dilaporkan sebagai calon pemain Timnas Sepak Bola Indonesia.

"Perlu kami beritahukan bahwa pimpinan DPR RI telah menerima tiga pucuk surat dari Presiden RI," ujar Sufmi saat Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3).

Sufmi juga menyampaikan bahwa ketiga nama tersebut adalah Ragnar Antonius Maria Oeratmangoen, Thom Jan Martinus Haye, dan Maarten Vincent Paes. Ketiga surat presiden tersebut diterima oleh DPR dengan jadwal yang berbeda.

BACA JUGA:Rapat Paripurna Digelar Hari Ini, Ratusan Anggota DPR RI Absen

Surat naturalisasi Ragnar Oeratmangoen diterima pada tanggal 5 Februari 2024, sementara Thom Jan Haye diterima pada tanggal 28 Februari 2024, dan Maarten Paes juga pada tanggal 28 Februari 2024. Dengan keberadaan Surpres tersebut, pimpinan DPR akan menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR RI untuk membahas ketiga surat tersebut. Setelah pembahasan, hasilnya akan dilaporkan kepada Pimpinan DPR.

"Selanjutnya disampaikan ke pemerintah untuk dapat ditindaklanjuti," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan bahwa proses naturalisasi dua pemain diaspora, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, akan selesai pertengahan Maret tahun ini.

Erick menjelaskan bahwa Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diharapkan bisa bermain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 ketika Timnas Indonesia bertemu dengan Vietnam. Selain itu, Erick Thohir juga telah mengadakan pertemuan dengan pemain diaspora Marteen Paes. Marteen Paes, yang merupakan penjaga gawang, adalah pemain diaspora yang ingin memperkuat tim nasional Indonesia.

BACA JUGA:Kementerian ESDM Catat Pencapaian Pengembangan PLTS Atap Mencapai 140 MW

Ragnar Oratmangoen (26) adalah seorang penyerang atau winger yang saat ini bermain untuk klub Fortuna Sittard (Belanda) dengan status pinjaman dari Groningen. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.

Sementara itu, Thom Haye (28) adalah seorang gelandang klub Herrenveen (Belanda) yang memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo.

Maarten Paes (25) juga memiliki darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang berasal dari Maluku. Ia lahir di Nijmagen, Belanda pada 14 Mei 1998, dan saat ini bermain untuk klub divisi pertama liga Amerika Serikat FC Dallas.*

Sumber: antara