Prabowo Subianto Terima Penganugrahan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4, Jokowi Ungkap Alasannya

Prabowo Subianto Terima Penganugrahan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4, Jokowi Ungkap Alasannya

Prabowo Subianto Terima Penganugrahan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4, Jokowi Ungkap Alasannya-Prabowo Subianto Terima Penganugrahan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4-Instagram @prabowo

RADAR JABAR - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengukir sejarah baru dengan menerima penganugerahan pangkat istimewa sebagai Jenderal TNI (HOR).

Penghargaan ini diberikan dalam Rapat Pimpinan TNI di Markas Besar TNI, menghadirkan momen penting dalam karier militer Prabowo.

Pengumuman penganugerahan pangkat istimewa ini disampaikan oleh juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, melalui keterangan videonya pada Selasa (27/2/2024).

Dahnil menjelaskan bahwa pemberian pangkat jenderal kehormatan bintang empat tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"Benar, besok (hari ini, red) Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan," kata Dahnil Anzar Simanjuntak.

Menurut Dahnil, Prabowo Subianto dijadwalkan untuk menerima Keputusan Presiden terkait tanda kehormatan ini dalam Rapat Pimpinan TNI.

Proses tersebut mengacu pada undang-undang yang mengatur pemberian gelar dan tanda kehormatan di Indonesia.

 

BACA JUGA:Panglima TNI Ungkap Rencana Pembentukan Lanud dan Pasmar di Ibu Kota Nusantara (IKN)

 

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan di balik pemberian pangkat jenderal kehormatan bintang empat kepada Prabowo.

Jokowi menyatakan bahwa penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi terhadap pengabdian Prabowo kepada masyarakat selama kariernya di militer.

"Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara," ucap Jokowi dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2). Dikutp dari CNN

Proses penyematan pangkat militer kehormatan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Sumber: