Mahfud: Komitmen Saya pada Demokrasi dan Keadilan Akan Tetap Terjaga

Mahfud: Komitmen Saya pada Demokrasi dan Keadilan Akan Tetap Terjaga

Cawapres RI Mahfud Md di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Sabtu (17/2)--ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

RADAR JABAR - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, memastikan bahwa tak peduli apa pun hasil Pilpres 2024, dia akan terus memperjuangkan demokrasi dan keadilan bagi bangsa Indonesia.

 

"Apa pun hasil dari pilpres ini, saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan," ujar Mahfud di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Sabtu (17/2).

 

Mahfud menekankan bahwa perjuangan untuk memperjuangkan demokrasi dan keadilan tidak hanya terjadi melalui proses pemilu saja. Menurutnya, pemilu hanyalah salah satu manifestasi dari demokrasi.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran Serius Realisasikan Program Makan Siang dan Susu Gratis

 

Ia juga berbagi pengalaman pribadinya dari tahun 2014 hingga 2016 ketika dia tidak menduduki jabatan publik manapun. Meskipun demikian, Mahfud tetap aktif dalam memperjuangkan demokrasi dan menegakkan hukum.

 

"Saya pernah tak di jabatan apa pun pada tahun 2014 sampai 2016, tetapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum," ujarnya.

 

Sebagai mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud melihat gerakan civil society dan kampus sebagai sumber kekuatan dalam gerakan demokrasi dan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi.

 

"Sejarah mengajarkan bahwa jika demokrasi disumbat, maka demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah dunia," tegas Mahfud.

Sumber: antara