Gibran Rakabuming Raka Kembali Bertugas Sebagai Walikota Surakarta Usai Unggul Sementara di Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka Kembali Bertugas Sebagai Walikota Surakarta Usai Unggul Sementara di Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka Kembali Bertugas Sebagai Walikota Surakarta --(sumber gambar : Tangkapan Layar Instagram @gibran_rakabuming)

 
Radar Jabar - Gibran Rakabuming Raka telah kembali menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta setelah bersama pasangannya, Prabowo Subianto, meraih kemenangan sementara berdasarkan hasil hitung cepat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Ya, sekarang fokus pada pekerjaan sebagai wali kota saja," kata Gibran di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam pernyataannya di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah pada hari Jumat, 16 Februari 2024, Gibran menyatakan fokusnya saat ini adalah pada pekerjaan sebagai wali kota. Ia mengungkapkan tekadnya untuk melanjutkan tugas kepemimpinan di Surakarta, termasuk proyek infrastruktur di Solo seperti persiapan Solo Safari tahap tiga yang sedang berlangsung.

"Ya, melanjutkan. Kemarin saya sudah ke Pasar Jongke, Balekambang, ini mau persiapan Solo Safari tahap tiga," katanya.

Sebelum sampai di kantor, Gibran melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi proyek, termasuk proyek penataan Alun-Alun Keraton Surakarta. Dia menyatakan bahwa progres proyek tersebut sudah cukup baik setelah melakukan pengecekan pagi tadi.

"Tadi 'kan saya muter ke alun-alun dan tempat yang lain. Tadi pagi ngecek di alun-alun sudah berprogres cukup baik," ungkapnya.

Gibran juga mengonfirmasi penyelesaian sengketa terkait proyek penataan Sriwedari yang sebelumnya melibatkan Pemkot Surakarta dan ahli waris pemilik tanah. Ia menegaskan bahwa masalah hukum terkait proyek tersebut sudah diselesaikan, dan sekarang mereka menunggu kelancaran proyek Vastenburg.

"'Kan sudah beres masalah hukumnya. Kemarin Pak Kajari yang prescon (press conference, red.) sendiri 'kan statusnya itu. Sekarang kami nunggu yang Vastenburg, semoga semua lancar," ucap suami selvi ananda ini.

Pada bagian lain, Pemilu 2024 melibatkan berbagai jenjang, mulai dari Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI hingga pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota.

Sebanyak 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal berpartisipasi dalam pemilu ini. Gibran sendiri, bersama Prabowo Subianto, menjadi salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024 sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 (*).

Sumber: #antara