Ijazah Sarjana Gibran Rakabuming Raka Viral, IPK 2,3 Jadi Sorotan

Ijazah Sarjana Gibran Rakabuming Raka Viral, IPK 2,3 Jadi Sorotan

Ijazah Sarjana Gibran Rakabuming Raka Viral-Ist-

RADAR JABAR - Ijazah sarjana Gibran Rakabuming Raka kini menjadi viral setelah diperbincangkan oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat keempat pada Minggu, 21 Januari 2024.

Gambaran mengenai isi ijazah Gibran sekarang tersebar luas di platform media sosial. Beberapa pihak menyoroti nilai yang diperoleh Gibran Rakabuming Raka ketika menempuh studi di University of Bradford. Hal ini semakin mencuat karena Gibran sebelumnya telah menunjukkan ijazahnya kepada awak media.

Dalam dokumen ijazah yang dibagikan, terungkap bahwa Gibran Rakabuming Raka meraih gelar Bachelor of Science in Marketing. Pencapaian atau nilai yang diperolehnya saat menyelesaikan studi di University of Bradford adalah Second Class Honours Second Division.

Menurut petunjuk dari University of Bradford, skor untuk lulusan dengan gelar Second Class Honours - Second Division sekitar 48 persen. Jika dikonversi ke sistem penilaian Indonesia, nilai tersebut setara dengan rentang IPK 2,3 hingga 2,79.

BACA JUGA:Kata “Hilirisasi” Masih Jadi Andalan Gibran dalam Debat Keempat Pilpres

Bahkan, beberapa pengguna internet (warganet) menyatakan bahwa jika IPK kelulusan Gibran diubah ke sistem penilaian Indonesia, nilainya hanya setara dengan 2.3.

Pemilik akun @BangBudiKur, seorang pengajar Ilmu Politik asal Indonesia di Amerika Serikat, menekankan bahwa nilai tersebut mungkin akan menyulitkan Gibran untuk melanjutkan studi ke tingkat berikutnya.

"Gibran itu lulus S1 dapat nilai lower second class honours (setara 48). Untuk nilai segitu, daftar kuliah master aja susah diterima. Itu setara IPK 2.3 kalau sistem Indonesia," ujar akun @BangBudiKur.

Sejumlah warganet yang melihat postingan itu ramai memberikan komentar. Mereka mengungkapkan keprihatinan, menyatakan bahwa nilai yang diperoleh Gibran mungkin tidak memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang diinginkannya.

BACA JUGA:Hilirisasi Digital Trending di X Twitter, Gibran Tuai Kritikan Soal 'Pembisiknya'

Terlebih lagi, perusahaan-perusahaan besar seringkali menetapkan persyaratan IPK minimal 3.0 sebagai standar untuk penerimaan karyawan. Apalagi perusahaan sekelas BUMN yang mengharuskan para kandidat pegawainya memiliki IPK minimal 3 koma sekian.

Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang berasal dari Prabowo Subianto memiliki latar belakang pendidikan dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka menyelesaikan pendidikan dasarnya hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta, Indonesia.

Sumber: