Auto Jadi Miliarder, Uang Kuno Dapat Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah

Auto Jadi Miliarder, Uang Kuno Dapat Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah

Auto Jadi Miliarder, Uang Kuno Dapat Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah-Uang Kuno Dapat Dijual Hingga Ratusan Juta Rupiah-Istimewa

RADAR JABAR - Uang koin kuno pecahan Rp100 keluaran tahun 1978 menjadi primadona di pasar kolektor dengan harga yang fantastis.

Tingkat kelangkaannya membuat para kolektor berlomba-lomba untuk memiliki salah satu potongan uang koin ini.

Dikutip dari beberapa sumber, penjual dari berbagai daerah di Indonesia aktif menjajakan uang Rp100 yang menampilkan gambar rumah gadang dan wayang di berbagai platform online dengan harga yang mencapai Rp100 juta, bahkan ada yang menawarkannya seharga Rp999 juta per kepingnya.

Kenaikan drastis dalam harga jual ini disebabkan oleh kelangkaan uang koin pecahan Rp100 tersebut.

Tidak hanya koin Rp100, beberapa pecahan lainnya juga menjadi buruan kolektor, seperti pecahan Rp25 keluaran tahun 1996 yang berukuran gambar buah pala, Rp50 keluaran tahun 1971 yang menghiasi burung cendrawasih, dan uang koin Rp1.000 keluaran tahun 1993 yang memiliki gambar kelapa sawit.

 

BACA JUGA:Isu KPR 35 Tahun, Dukung Milenial dan Gen Z Buat Punya Rumah?

 

Pemilik uang koin kuno memiliki beberapa opsi untuk menjualnya, seperti melalui pasar antik, mengajukan penawaran kepada komunitas kolektor di media sosial, atau memasangnya di berbagai platform jual beli online.

Sebelumnya, uang rupiah pecahan Rp1.000 Tahun Emisi (TE) 1993 telah ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14 Tahun 2023, efektif sejak 1 Desember 2023.

Meskipun demikian, Bank Indonesia tidak memberikan layanan jual beli uang koin kuno. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang tersebut, Bank Indonesia hanya akan memberikan penggantian dengan nilai nominal yang setara dengan uang edaran terbaru.

 

Sumber: