Cak Imin dan Mahfud MD Sepakat tentang Pentingnya Reforestasi dalam Debat Cawapres

Cak Imin dan Mahfud MD Sepakat tentang Pentingnya Reforestasi dalam Debat Cawapres

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1)--Antara Foto/M Risyal Hidayat

RADAR JABAR - Calon wakil presiden dengan nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, menyatakan kesepakatan dengan calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, mengenai pentingnya reforestasi, dalam sesi Debat Cawapres di Jakarta. Muhaimin atau yang sering disapa Cak Imin menekankan bahwa pemerintah saat ini belum menunjukkan keseriusan dalam melaksanakan reforestasi sebagai upaya mengatasi perubahan iklim.

"Sampai hari ini saya setuju dengan Pak Mahfud, tidak ada keseriusan dan kesungguhan untuk itu," tutur Cak Imin

"Bahkan mau menyediakan pangan nasional saja, kenapa tidak melibatkan petani? Malah juga melakukan penggundulan hutan dan gagal lagi, karena apa? Karena tidak melibatkan masyarakat adat setempat, juga tidak melibatkan para petani, bahkan merusak keanekaragaman hayati kita," ujarnya.

BACA JUGA:Gibran Bahas Greenflation dengan Mahfud MD dalam Debat Pilpres 2024

Calon wakil presiden dengan nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, menyatakan kesepakatan dengan calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud Md, mengenai pentingnya reforestasi, dalam sesi Debat Cawapres di Jakarta.

Cak Imin menyebutkan bahwa inti permasalahan terletak pada pembangunan berkelanjutan yang tidak dilaksanakan sesuai dengan prinsip keadilan ekologi.

"Prinsipnya satu, keadilan. Keadilan ekologi harus nomor satu, jangan pernah membiarkan keadilan ekologi ini tidak terlaksanakan. Yang kedua, keadilan iklim. Yang ketiga, keadilan antargenerasi komitmen keadilan,"  tambahnya.

BACA JUGA:Anies-Muhaimin Kembali Raih Dukungan dari Ulama se-Kabupaten Tasikmalaya

Lebih lanjut, Muhaimin menegaskan bahwa jika pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terpilih, mereka akan berkomitmen pada pelaksanaan konstitusi yang benar-benar berpihak pada rakyat dan lingkungan, serta tidak akan memihak kepada investor atau pengusaha.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Setelah pelaksanaan tiga debat sebelumnya, KPU mengadakan debat keempat yang menghadirkan para calon wakil presiden, dengan tema yang mencakup energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.*

Sumber: antara