7 Buah Segar Ini Bisa Tumbuh di Daerah Kutub, Dominasi Buah Beri!

7 Buah Segar Ini Bisa Tumbuh di Daerah Kutub, Dominasi Buah Beri!

7 Buah Segar Ini Bisa Tumbuh di Daerah Kutub, Dominasi Buah Beri!-Cloudberry Ilustrasi Tumbuh di Daerah Kutub, Dominasi Buah Beri!-Pixabay

Radar Jabar – Tahukah kamu bahwa ada buah-buahan yang sanggup tumbuh di daerah dingin dan keras seperti kutub? Banyak ternyata berbagai buah tumbuh di daerah kutub, dengan jenis buah beri mendominasi daftar tersebut.

 

Kutub menjadi tempat untuk bermacam-macam tanaman unik penghasil buah beri dengan kemampuan adaptasi pada lingkungan yang menantang. Buah-buahan yang jarang dijumpai sebagaimana jenis-jenis dari beriklim panas atau tropis ini juga memegang peran penting dalam ekosistem wilayah kutub.

 

Selain itu, tanaman-tanaman penghasil buah tersebut menjadi sumber makanan yang berharga untuk satwa liar yang hidup di daera setempat. Untuk selengkapnya? Inilah tujuh buah segar yang tumbuh di daerah kutub sebagaiman dikutip dari IDN Times.

 

1. Arctic Willow

 

Arctic Willow, atau Salix arctica, adalah semak kecil yang tumbuh subur di daerah kutub, terutama di tundra, yang merupakan habitat cocok untuk pertumbuhannya. Tumbuhan ini dikenal karena kemampuannya bertahan hidup di wilayah ekstrem seperti daerah tundra di Kutub Utara.

 

Pohon itu juga berperan sebagai sumber makanan berharga bagi berbagai hewan Arktik, seperti Muskoxen, Caribou, Kelinci Arktik, dan Lemming. Keunikan adaptasinya terhadap lingkungan ekstrem inilah yang membuat Arctic Willow menjadi penting dalam ekosistem daerah kutub.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan

 

2. Bearberry

 

Bearberry, atau Arctostaphylos uva-ursi, merupakan tumbuhan semak evergreen yang tumbuh di daerah kutub. Tanaman ini dikenal dengan buah beri merahnya yang khas yang tidak hanya dikonsumsi oleh satwa liar, tetapi juga oleh manusia.

 

Buahnya sering digunakan sebagai bahan makanan dan dapat ditemui di Amerika Utara bagian utara, Asia, dan Eropa. Buah ini juga dikenal sebagai bahan herbal untuk mengatasi keluhan kesehatan.

 

Bearberry dapat digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk selai, jeli, pai, makanan penutup, dan minuman. Buah beri ini sering dinikmati segar atau digunakan sebagai topping untuk yogurt, sereal, atau pancake.

 

3. Crowberry

 

Crowberry, yang juga dikenal sebagai Empetrum nigrum, adalah tanaman menarik yang tumbuh subur di wilayah Kutub Utara. Ini adalah tanaman pendek dan kuat yang menghasilkan buah beri kecil berwarna gelap.

 

Crowberry merupakan spesies kunci di tundra alpine dan memiliki dampak besar terhadap keanekaragaman hayati. Terutama karena menjadi sumber makanan bagi berbagai satwa liar, termasuk burung, serangga, dan mamalia.

 

Tumbuhan ini mampu tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah kutub yang dingin.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik Kutub Utara

 

4. Cloudberry

 

Cloudberry tumbuh di daerah Kutub Utara. Buah yang secara ilmiah dikenal sebagai Rubus chamaemorus ini sangat mahal dan tumbuh liar di wilayah Kutub Utara, termasuk di berbagai negara Arktik seperti Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Kanada, dan Alaska.

 

Buah beri berwarna kuning keemasan tersebut lebih menyukai tanah yang lembab dan asam seperti rawa-rawa, dan lahan yang basah. Cloudberry juga digunakan oleh orang Eskimo sebagai salah satu bahan makanan tradisional mereka.

 

5. Lingonberry

 

Lingonberry adalah buah beri kecil berwarna merah yang dapat tumbuh di daerah kutub. Buah ini dapat ditemukan di berbagai negara, termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia, yang tumbuh subur di tanah yang dingin dan asam.

 

Lingonberry mampu beradaptasi dengan baik pada iklim dingin. 

 

Rasa asam dari lingonberry membuatnya menjadi bahan yang banyak digunakan dalam berbagai olahan seperti saus, selai, jeli, pengawet, dan makanan penutup seperti pie dan kue tar. Lingonberry juga sering dinikmati segar atau digunakan sebagai topping untuk yogurt, sereal, atau pancake.

 

6. Bilberries

 

Bilberries adalah buah yang dapat tumbuh di daerah Kutub Utara, seperti Kanada, Siberia, Rusia, dan Finlandia. Ini merupakan salah satu jenis tanaman berbunga kecil yang dapat tumbuh di wilayah tundra.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik Kutub Selatan

 

Buah yang juga dikenal sebagai blueberry liar ini dapat tumbuh di suhu yang sangat ekstrim karena memiliki kemampuan untuk dorman, yang berarti saat musim dingin, tanaman-tanaman ini akan tidur.

 

Bilberries sangat terkenal karena rasanya yang lezat dan kegunaannya yang beragam dalam olahan. Selain itu, buah beri satu ini juga dapat dikeringkan dan digunakan sebagai tambahan rasa untuk campuran makanan.

 

7. Bog Cranberry

 

Buah cranberry rawa, juga dikenal sebagai bog cranberry, adalah salah satu buah beri sensasional yang bisa tumbuh di daerah kutub. Bog cranberry dapat tumbuh di daerah kutub karena buah beri ini telah beradaptasi dengan iklim dingin dan mampu tumbuh subur di daerah yang terkenal dingin. 

 

Bog cranberry berperan penting dalam ekosistem daerah kutub dengan menyediakan makanan bagi berbagai satwa liar, termasuk mamalia, serangga, dan burung. Buah ini termasuk dalam keluarga Vaccinium dan memiliki kandungan antioksidan polyphenol serta alkaloid seperti anthocyanidin, cyanidin, peonidin, dan quercetin yang berguna mencegah kanker.

Sumber: