6 Cara Agar Menang MMA & Pertarungan Nyata Menggunakan Wing Chun

6 Cara Agar Menang MMA & Pertarungan Nyata Menggunakan Wing Chun

Cara Rahasia Agar Menang MMA & Pertarungan Nyata dengan Wing Chun-Cuplikan Ip Man 4/Scmp-

RADAR JABAR - Jika Anda tertarik mempelajari Wing Chun karena terinspirasi oleh film Ip Man, maka segeralah mulai belajar. Namun, mengalahkan pertarungan MMA dengan bela diri ini tak akan semudah seperti terlihat dalam film.

Ving Tsun atau Wing Tsun merupakan seni bela diri Tionghoa yang biasanya digunakan untuk pertarungan jarak dekat antar lawan.

Ada beberapa cara agar bela diri Wing Chun bisa efektif dan menang dalam pertarungan nyata melawan jenis bela diri lain.

Jika tujuan Anda mempelajari Wing Chun adalah untuk bela diri atau berkompetisi, pertimbangkan hal-hal berikut agar bisa menang:

1. Hindari Meniru Gerakan dari Film

Gerakan flashy move atau brilian yang terlihat keren di film, seperti pukulan berantai dalam beberapa adegan film Ip Man, seringkali sulit diterapkan dalam situasi nyata. Pukulan cepat bertubi-tubi seperti ini dapat mudah dikendalikan oleh beladiri lain yang memiliki dasar Striking yang kuat.

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Wing Chun Tidak Bisa Digunakan di MMA, Efektif untuk Pertarungan Nyata?

Sebagai gantinya, saring gerakan dasar yang dapat diterapkan dalam pertarungan sebenarnya. Prinsip ini berlaku juga untuk seni beladiri lainnya karena tidak semua gerakan efektif dalam pertandingan sebenarnya.

2. Pelajari Teknik dari Bela Diri Lain

Wing Chun sangat efektif digunakan oleh wanita karena gerakannya sederhana agar mudah dilakukan oleh siapa pun. Namun, banyak serangan mematikan yang tidak dapat digunakan dalam pertandingan resmi.

Pahami perbedaan antara aturan dalam pertarungan beladiri resmi dan pertarungan nyata. Selain itu, pelajari teknik dari berbagai jenis beladiri yang tidak diajarkan dalam Wing Chun.

3. Perhatikan Teknik Footwork/Slip

Dalam film Ip Man, terlihat beberapa gerakan tambahan yang dilakukan oleh Donnie Yen sebagai Ip Man. Namun, petarung Wing Chun sering terlihat pasif dan kurang menggunakan footwork. Dalam film, Donnie Yen sering melakukan footwork dan slip, yang jarang diajarkan dalam Wing Chun tradisional.

Dalam pertarungan yang cenderung statis, Anda bisa mudah diserang oleh petarung Muay Thai atau petinju yang memiliki pukulan yang tepat dan cepat. Jika Anda mempelajari cara mengaplikasikan footwork dan slip dalam konteks Wing Chun, ini dapat meningkatkan efektivitas Anda dalam pertarungan nyata.

4. Workout & Conditioning

Seringkali praktisi Wing Chun yang tidak melibatkan latihan workout dan conditioning di tempat latihan mereka. Berbeda dengan bela diri lain yang memasukkan workout dan conditioning ke dalam kurikulum latihan, kedua aspek ini sangat penting untuk meningkatkan stamina, kekuatan pukulan, dan tendangan.

BACA JUGA:10 Seni Bela Diri Terpopuler di Dunia yang Terkenal Paling Mematikan

Dalam beberapa video pertarungan antara Wing Chun dan MMA atau tinju, terlihat bahwa pukulan dari petarung Wing Chun terlihat lemah dan dapat dengan mudah diterima oleh lawan. Menambahkan latihan ini ke dalam rutinitas latihan dapat signifikan meningkatkan kemampuan bertarung.

5. Belajar Teknik Ground Fighting

Sumber: