Hilirisasi Digital Trending di X Twitter, Gibran Tuai Kritikan Soal 'Pembisiknya'

Hilirisasi Digital Trending di X Twitter, Gibran Tuai Kritikan Soal 'Pembisiknya'

Hilirisasi Digital yang Diucapakan Gibran Rakabuming RakaTrending di X Twitter-SS-

RADAR JABAR – Kata “Hilirisasi Digital” kembali menjadi perbincangan setelah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka membahasnya dalam debat cawapres pada 22 Desember 2024 lalu.

Salah satu netizen pun mengomentari kata Hilirisasi Digital yang seharusnya disebut sebagai “Digitalisasi”. Ia mengatakan jika kesalahan bukan ada pada Gibran, melainkan ‘pembisiknya’.

“Tdk ada Hilirisasi Digital.Yg ada adalh Digitalisasi.Yg salah pembisiknya,bukan Gibran.,” kata akun @HendZ*** sambil melampirkan video kritikan dari Tim Pemenangan Anies-Muhaimin terhadap Gibran.

Gibran Rakabuming Raka membahas topik hilirisasi digital. Pembahasan mengenai hilirisasi digital ini merupakan bagian dari visi dan misi Gibran terkait perkembangan ekonomi di Indonesia.

BACA JUGA:Caleg PSI Laporkan Roy Suryo Setelah Tuduh Gibran Pakai 3 Mikrofon Saat Debat Cawapres

Gibran menegaskan niatnya untuk meneruskan upaya yang telah dilakukan oleh ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), selama periode kepemimpinan ini.

"Teman-teman sesama anak muda, lalu apa agenda ke depan Kita akan lanjutkan hilirisasi," katanya, Jumat (22/12/2023) malam.

Gibran mengatakan bahwa Indonesia harus keluar dari middle income trap. Selain itu, hilirisasi dijalankan tak hanya untuk sektor ekstraktif saja, "tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," katanya.

Selain hal tersebut, Gibran juga menyoroti pentingnya Indonesia bersiap menuju status Indonesia emas. Menurutnya, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia perlu dibekali dengan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan masa depan. Gibran dengan tegas menyatakan bahwa upaya untuk meningkatkan hilirisasi digital akan terus diperkuat.

"Hilirisasi digital akan kami genjot. Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli block chain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli crypto," tambannya.

BACA JUGA:Bawaslu Panggil Gibran Terkait Bagikan Susu di CFD

Lantas apa yang dimaksud dengan hilirisasi digital itu? Apa itu hilirisasi digital? Berikut penjelasan secara umum terkait hilirisasi digital yang dimaksud sebagaimana dihimpun dari beberapa sumber:

Arti Hilirisasi Digital

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hilirisasi atau yang dikenal sebagai penghiliran merupakan suatu proses atau metode untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi.

Sumber: