4 Nabi yang Masih Hidup Hingga Saat Ini, Bahkan Jadi Masyarakat Biasa

4 Nabi yang Masih Hidup Hingga Saat Ini, Bahkan Jadi Masyarakat Biasa

Nabi yang Masih Hidup Hingga Saat Ini-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Nabi-Nabi Allah yang wajib diketahui ada 25 namun Selain itu masih banyak Nabi-Nabi lain yang menurut hadis berjumlah 124.000 Nabi 315 di antaranya diangkat menjadi Rasul. Dan ternyata ada 4 Nabi yang masih hidup hingga saat ini.

Dari Abi Dzar RA menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para Nabi, "(Jumlah para Nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) Nabi,"

"Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?"

Beliau menjawab, "Tiga ratus dua belas." (HR Tirmidzi)

Setiap Nabi dan Rasul memiliki kisah dan mukjizatnya sendiri yang menjadi teladan bagi umat muslim. Menurut sebagian ulama ada 4 Nabi yang diyakini masih hidup hingga saat ini, bahkan ada yang hidup sampai hari kiamat.

1. Nabi Idris

Nabi Idris lahir di Babilonia, beliau adalah keturunan keenam dari Nabi Adam dan menjadi Nabi kedua yang wajib diimani. Nabi Idris dikenal sebagai sosok pandai dan tekun dalam belajar, dengan keahlian di bidang baca tulis, pembangunan rumah, dan ilmu perbintangan. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai orang yang sangat memuliakan tamu.

BACA JUGA:Kisah Nabi Zarathustra Bawa Ajaran Agama Majusi Tapi Tidak Menyembah Api

Suatu hari, malaikat maut datang kepada Nabi Idris. Sang Nabi, yang namanya terkenal di langit, dengan ramah menerima kedatangan malaikat maut sebagai tamu. Tanpa menyadari bahwa tamunya adalah malaikat Izrail, Nabi Idris memperlakukan malaikat tersebut dengan keramahan.

Setelah bersama selama 4 hari, Nabi Idris mulai menyadari keanehan tamunya. Malaikat Izrail tidak makan, minum, atau tidur selama 4 hari tersebut. Ketika ditanya tentang identitasnya, malaikat Izrail mengungkapkan bahwa dia adalah malaikat maut.

Nabi Idris kemudian mengajukan 3 permintaan. Pertama, beliau ingin merasakan pengalaman mati, meminta agar nyawanya dicabut dan dihidupkan kembali, yang disetujui oleh izin Allah. Kedua, Nabi Idris meminta untuk melihat neraka, yang juga dikabulkan oleh izin Allah. Namun, Nabi Idris tidak tahan menyaksikan siksa neraka yang mengerikan, sehingga perjalanan ini tidak berlangsung lama.

Permintaan ketiga Nabi Idris adalah untuk melihat surga, yang juga dikabulkan oleh izin Allah. Saat dia diajak melihat keindahan surga, Nabi Idris terpesona dan dengan cerdik meninggalkan alas kakinya di dalam surga. Setelah keluar, beliau meminta izin untuk mengambil sandal tersebut. Namun, begitu merasakan keindahan surga, Nabi Idris enggan meninggalkannya dan memutuskan untuk tinggal di surga. Hingga kini, Nabi Idris masih hidup di surga.

Allah SWT berfirman, “dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi. (Q.S. Maryam ayat 57)

2. Nabi Khidir

Nabi Khidir, yang nama aslinya Balya bin Malkan, merupakan sosok Nabi yang misterius. Gelar "Khidir" diberikan karena ketika beliau duduk di suatu tempat, tempat tersebut menjadi subur dan hijau. Nabi Khidir terkenal karena ilmu laduni yang dimilikinya. Dalam Surah Al-Kahfi ayat 60-82, disebutkan bahwa Nabi Musa pernah berguru kepada Nabi Khidir.

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai apakah Nabi Khidir masih hidup atau tidak. Mayoritas ulama meyakini bahwa Nabi Khidir masih hidup hingga saat ini dan akan terus hidup sampai hari kiamat, saat sangkakala ditiup. Konon, usia panjang Nabi Khidir disebabkan oleh minum air Ainul Hayat, mata air kehidupan yang kisahnya terkenal di kalangan ulama terdahulu.

Sumber: