Mengungkap 10 Manfaat Tersembunyi dari Biji Pepaya, Salah Satunya Melawan Parasit Usus

Mengungkap 10 Manfaat Tersembunyi dari Biji Pepaya, Salah Satunya Melawan Parasit Usus

Ilustrasi 10 manfaat tersembunyi dari biji pepaya --shuttershock

Radar Jabar - Pepaya, buah yang lezat dan kaya nutrisi, dikenal luas karena daging buahnya yang lembut dan manis. Namun, seringkali biji Pepaya diabaikan dan dibuang begitu saja.

Padahal, biji ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengejutkan yang dapat meningkatkan kesejahteraan kita. Mari kita temukan 10 manfaat tersembunyi dari biji pepaya yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Biji pepaya mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid dan karotenoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Kulit Auto Glowing Hanya Dengan Pepaya? Yuk Simak Manfaat Masker Pepaya

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Biji pepaya juga mengandung sejumlah nutrisi esensial seperti vitamin C dan A, serta senyawa-senyawa lain yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi biji pepaya, Anda dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak yang diekstrak dari biji pepaya memiliki sifat pelembap alami yang membantu menjaga kelembapan kulit. Penggunaan minyak biji pepaya secara topikal dapat membantu mengatasi masalah kulit kering, menjaga elastisitas, dan mengurangi kerutan.

4. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Biji pepaya kaya akan enzim papain, yang telah terbukti membantu dalam pencernaan makanan. Konsumsi biji pepaya dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti gas, kembung, dan sembelit.

5. Menyediakan Sumber Protein Vegetarian

Bagi mereka yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan, biji pepaya dapat menjadi sumber protein nabati yang baik. Protein ini penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini dapat memberikan manfaat khusus bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit tersebut.

7. Melawan Parasit Usus

Biji pepaya mengandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat antiparasit, seperti karpaín dan benzil isothiocyanate. Konsumsi biji pepaya dapat membantu melawan parasit usus yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan.

8. Mendukung Kesehatan Ginjal

Kandungan nutrisi dalam biji pepaya, termasuk potassium, dapat membantu mendukung kesehatan ginjal. Potassium membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Pepaya untuk Pencernaan,Bisa Menjaga Kesehatan Usus

9. Menyehatkan Mata

Biji pepaya mengandung beta-karoten yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi biji pepaya dapat membantu mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam biji pepaya dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menjadi tambahan yang baik dalam program penurunan berat badan. Serat juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Sumber: