Anies Baswedan Janji Tidak Akan Pilih Menteri yang Bermasalah

Anies Baswedan Janji Tidak Akan Pilih Menteri yang Bermasalah

Anies Baswedan menghadiri makan malam bersama panitia safari Natal Timnas AMIN-X/Aniesbaswedan-

RADAR JABAR - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, menyatakan bahwa jika terpilih menjadi Presiden, ia tidak akan memilih menteri yang bermasalah pada periode sebelumnya.

Anies menegaskan bahwa kabinet yang akan ia bentuk akan didasarkan pada unsur kompetensi. Pernyataan tersebut disampaikan Anies sebagai respons terhadap pertanyaan dari salah satu peserta dalam acara di Total Politik X Desak Anies di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023.

"Kabinet ini adalah sebuah keputusan politik tentu ada faktor politik, yang kedua harus ada unsur kompetensi," tegas Anies.

Sebagai hasilnya, Anies menegaskan bahwa calon menteri yang terpilih di masa depan harus berasal dari individu yang tidak pernah mengalami masalah dengan hukum.

BACA JUGA:Hotman Paris Tanggapi Klaim Hotline Paris dari Anies Baswedan

"Kalau mau menyebut integritas belum tentu orang sempurna tapi tidak bermasalah. Dan itu yang kita lakukan," tutur Anies.

Calon Presiden dari Koalisi Perubahan itu juga memberikan penjelasan mengenai kebijakan yang akan diterapkan jika terpilih sebagai Kepala Negara.

Anies Baswedan, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menekankan pentingnya memegang teguh ideologi. Menurut Anies, seorang pemimpin harus memiliki ideologi yang diikuti oleh semua.

"Dan itu yang harus diluruskan. Apa ideologi yang harus dibawa, ideologi peran keadilan. Sehingga ketika mengambil keputusan harus jelas siapa dapat apa, bagaimana, dan gimana dan itu kemudian dijaga untuk hal itu. Bagaimana kita menjaga pandangan publik kita tetap nomor satu didisiplinkan bila ada pelanggaran," pungkas Anies.

Sumber: